12 Nov 2011

Sehat memang bukan segalanya,...


HARI Kesehatan Nasional (HKN) yang diperingati setiap tahun pada 12 November merupakan peristiwa yang istimewa bagi pegawai di lingkungan kesehatan. Teristimewa sebab hari itulah menjadi ritual tahunan untuk terus memperbaharui semangat dan menjaga komitmen jajaran kesehatan dalam upaya mewujudkan, mempertahankan, dan memajukan kesehatan setinggi-tingginya.
Namun harus diakui, semangat dan komitmen jajaran kesehatan belum cukup tanpa kepedulian dan gerakan nyata masyarakat untuk berperilaku hidup bersih dan sehat. Oleh karenanya,  menurut Sekretaris Panitia HKN Dinkes Pandeglang Ade Setiawan, momentum HKN juga harus menjadi bagian penting bagi masyarakat luas sebagai tonggak peringatan akan arti pentingnya kesehatan, terutama ketika dalam kondisi sakit.
“Makanya tepat kalau ada ungkapan, Sehat memang bukan segalanya, tetapi apabila tidak sehat, maka segalanya tidak ada artinya,” kata Ade Setiawan yang juga Wakil Ketua Himpunan Ahli Kesehatan Lingkungan (HAKLI) Kabupaten Pandeglang, kemarin.
Ditambahkan Ade, selain soal perilaku yang menjadi faktor dominan untuk menjaga hidup tetap sehat, pengaruh kesehatan lingkungan juga mempunyai pengaruh besar terhadap derajat kesehatan masyarakat, disamping ketersediaan dan keterjangkauan fasilitas pelayanan kesehatan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar