27 Nov 2012

Dinkes Pandeglang Minta Masyarakat Perhatikan Gizi Anak

Dinas Kesehatan Kabupaten Pandeglang, Provinsi Banten, meminta masyarakat memperhatikan asupan gizi bagi anak agar pertumbuhannya normal.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Pandeglang Iskandar di Pandeglang, Kamis menjelaskan asupan gizi sangat mempengaruhi terhadap tumbuh kembang anak-anak.

"Masalah gizi sangat penting untuk tumbuh kembang anak, yang pada akhirnya juga bisa menekan angka panyakit kurang gizi," katanya.

Ia menjelaskan, kondisi gizi yang baik merupakan salah satu syarat membentuk sumber daya menusia yang berkualitas, dan sebaliknya jika anak mengalami kekurangan gizi pada usia dini akan mengalami gangguan pada tumbuh kembangnya.

Kekurangan gizi, lanjut dia, akan meningkakan risiko kesakitan bahkan bisa berakibat kematian.

Iskandar menjelaskan pada Mei 2012 pemerintah Kabupaten Pandeglang mencanangkan gerakan sadari gizi, tujuannya untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya gizi, terutama bagi anak.

Gerakan tersebut, kata dia, juga merupakan upaya pemerintah Kabupaten Pandeglang untuk menggerakkan dan memberdayakan masyarakat berpola hidup sehat.

Iskandar juga menjelaskan, gerakan tersebut penting guna meningkatkan sikap, pengetahuan dan perilaku, kesadaran dan kemampuan masyarakat dalam mencegah dan mengatasi masalah gizi pada tingkat keluarga dan masyarakat.

"Perilaku sadar gizi yang perlu dipraktikkan setiap keluarga yakni menimbang badan secara teratur, memberikan ASI eksklusif dan makan beraneka ragam," katanya.

Menurut dia, upaya menyadarkan masyarakat pentingnya gizi, tidak berhenti setelah gerakan dicanangkan, tapi terus berlanjut sampai sekarang dengan melibatkan semua petugas kesehatan, termasuk bidan desa.

"Pencanangan itu hanya awal saja, kegiatannya menyadarkan pentingnya gizi, terus kita lakukan sampai sekarang," katanya.(ant/ev)

Sumber : www.CiputraNews.Com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar