30 Jul 2013

Dinkes Pandeglang Siagakan Pos Kesehatan Jelang Mudik Lebaran


JELANG Iedul Fitri 1434 H, dinas kesehatan (dinkes) menyiapkan sejumlah pos yang diperlukan guna penanganan kesehatan pemudik, pengemudi kendaraan, maupun masyarakat sekitar. 

Persiapan itu dilakukan untuk antisipasi risiko gangguan  penyakit dan kecelakaan karena adanya penumpukan pemudik dan arus mudik pada wilayah tertentu selama perayaan lebaran.

Kadinkes Pandeglang H. Deden Kuswan mengatakan, sedikitnya akan disiapkan 45 Posko Kesehatan untuk optimalisasi pelayanan kesehatan pada daerah rawan masalah kesehatan dan tempat-tempat terjadinya penumpukan pemudik. 

“Kita menyiagakan 36 Puskesmas yang ada untuk difungsikan sebagai pos kesehatan utama, dan akan mendirikan enam pos kesehatan tambahan di posko gabungan Polri, serta tiga pos kesehatan alternatif di jalur Mandalawangi menuju Kecamatan Carita,” ujar H. Deden Kuswan disela memimpin rapat kesiapan tenaga dan logistik kesehatan bersama jajaran puskesmas, Selasa (23/7) kemarin.

Dipaparkan, enam pos kesehatan tambahan akan di tempatkan di posko gabungan Pasar Badak, alun-alun timur Pandeglang, terminal Kadubanen, pertigaan Mengger, terminal Torogong, dan Posko Lippo kawasan wisata pantai Carita. 

Sementara pos kesehatan tambahan lainnya lanjut Deden yakni ditempatkan di jalur mudik alternatif yang akan ditangani Puskesmas Mandalawangi, Pulosari dan Puskesmas Jiput. “Pos kesehatan akan efektif beroperasi mulai H-7 sampai H+7 hari raya. Kita juga masih akan tambah pos kesehatan di tempat lainnya, nantinya sesuai kebutuhan di lapangan,” tegas Deden.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar