15 Jun 2015

Ketua PPNI Pandeglang : Perawat Harus Jadi Teladan



PERSATUAN Perawat Nasional Indonesia (PPNI) Kabupaten Pandeglang memberikan apresiasi terhadap anggotanya yakni Ishak CB yang telah meraih prestasi sebagai perawat teladan tingkat Kabupaten Pandeglang tahun 2015. Menurut Ketua PPNI Pandeglang Hj. Nuriah ,penghargaan kepada salah satu anggota PPNI yang diberikan Pemkab Pandeglang ini harus menjadi contoh dalam memberikan yang terbaik kepada masyarakat.
"Di masyarakat peran tenaga kesehatan perawat sangat besar dalam meningkatkan derajat kesehatan. Apalagi jumlah Perawat di Pandeglang sangat besar mencapai 900 orang lebih, ” ujar Nuriah, usai dilantik Bupati Pandeglang sebagai Kepala Kantor Perpustakaan dan Arsip Daerah (KPAD) Kabupaten Pandeglang, di Pendopo pada Kamis (11/6/2015) akhir pekan kemarin.
Keteladanan yang dinasihatkan oleh Ketua PPNI Pandeglang periode 2013-2018 ini memiliki banyak bentuk. Ia mencontohkan,"Misalnya lebih disiplin dalam bekerja, menunjukkan kinerja yang prima, dan bertindak profesional dalam menjalankan tugas dan fungsi sebagai perawat, guna mendorong terwujudnya masyarakat Pandeglang yang sehat dan sejahtera," ujar perempuan kelahiran Menes 8 Mei 1966 ini.
Menurut dia, Ishak terpilih sebagai tenaga kesehatan teladan  untuk kategori perawat atas pengabdian dan inovasinya sebagai perawat di Puskesmas Labuan. “Di Puskesmas ini, manfaat yang diberikan para perawat langsung dirasakan masyarakat,” kata mantan Sekretaris Dinkes Pandeglang ini.
Dia menuturkan, Ishak dipilih sebagai teladan tahun ini berdasarkan inovasinya meningkatkan kualitas hidup masyarakat di bidang promotif-preventif (peningkatan dan pencegahan penyakit), maupun kuratif-rehabilitatif (pengobatan dan pemulihan kesehatan) dan bersaing dengan ratusan perawat lainnya dari 36 Puskesmas se Kabupaten Pandeglang.
“Ishak juga akan mewakili Kabupaten Pandeglang untuk pemilihan tenaga kesehatan perawat tingkat Provinsi Banten,” ungkap Nuriah.
Dia berharap, raihan prestasi teladan untuk kategori perawat ini semakin menunjukan eksistensi dan peran perawat sesuai semangat UU No. 38 tahun 2014 tentang Keperawatan.
“Prestasi ini menjadi cermin keberhasilan suatu daerah dalam pembinaan kualitas perawat dan harus dapat terus dipertahankan," tuturnya.
Selain Ishak yang menyandang predikat sebagai Perawat teladan peringkat pertama, Nuriah juga menyampaikan apresiasi dan penghargaan yang tinggi kepada anggota PPNI lainnya yakni Lisnawati Anggraeni (Puskesmas Majasari) dan Ika Ariestika (Puskesmas Bojong) yang telah menjadi tenaga kesehatan perawat teladan peringkat II dan III tingkat Kabupaten Pandeglang.
Meski saat ini mengemban amanah sebagai Kepala KPAD, perawat senior  yang sempat  menjabat sebagai  Camat Kota Pandeglang dan Kepala Kantor Ketahanan Pangan  yang merupakan jabatan diluar bidang kesehatan, Nuriah mengaku tetap fokus memimpin organisasi profesi dengan jumlah anggota terbesar di Kabupaten Pandeglang ini. "Jabatan ini amanah, mohon do’anya ya dari semua, biar bisa melasanakan tugas dengan baik,” tandasnya.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar