9 Apr 2014

5 Langkah Berhenti Merokok

Berhenti merokok memang bukan perkara mudah. Jika keputusan Anda telah bulat, maka 5 langkah ini akan membantu perjalanan Anda.
  1. Tetapkan tanggal. Hal ini penting karena akan membantu Anda mempersiapkan diri dengan matang. Anda bisa memilih tanggal ulangtahun, atau tanggal-tanggal spesial yang lain. Tapi, sebaiknya jangan memilih tanggal yang terlalu jauh dari niat Anda. Peluang Anda untuk berubah pikiran akan lebih besar.
  2. Mintalah bantuan dari dokter.Bagaimanapun juga, urusan merokok adalah suatu urusan yang berhubungan dengan senyawa-senyawa kimia di otak. Dokter bisa membantu Anda mendapatkan obat-obatan dan metode yang tepat untuk Anda. Selain itu, Anda juga akan memerlukan bantuan dari dokter untuk membantu mengevaluasi program yang Anda jalani.  
  3. Beritahu orang-orang terdekat. Mintalah pengertian dari mereka untuk tidak mengajak Anda berbaur di lingkungan yang penuh asap rokok. Usaha Anda akan sangat terbantu jika didukung oleh orang-orang di sekitar Anda. Oleh karena itu, sebaiknya pilih orang-orang yang bukan perokok sebagi ‘grup pendukung.’ Karena, biasanya susah bagi seorang perokok untuk memberi dukungan ‘total’ kepada temannya yang ingin berhenti merokok.
  4. Lakukan antisipasi. Anda pasti akan mengalami berbagai  hambatan saat dalam kondisi putus nikotin dan ini akan menjadi saat yang terberat. Anda akan mengalami emosi labil, insomnia, batuk-batuk, nafsu makan meningkat, dan berbagai hal menjengkelkan lainnya. Saat hal ini terjadi, bukan berarti usaha Anda gagal dan kembali merokok. Anda bisa melakukan hal positif lain untuk mengalihkan pikiran. Misalnya, dengan berolahraga atau bermain video game.
  5. Pindahkan semua hal ‘berbau’ rokok dan tembakau dari sekitar Anda. Jauh lebih baik jika Anda membuang rokok, pemantik, dan asbak. Bersihkan meja kerja, rumah, dan mobil dari aroma rokok. Gunakan pengharum ruangan yang memberi efek relaksasi. Sebagian besar perokok yang sukses berhenti merokok adalah mereka yang 100% ‘putus hubungan’ dengan rokok dari awalnya.   

Tidak ada komentar:

Posting Komentar