7 Apr 2014

Hari Kesehatan Sedunia 7 April 2014 : Lindungi Diri Dari Penyakit Menular Melalui Vektor


Badan Kesehatan Sedunia (WHO) tak henti-hentinya mengingatkan warga dunia akan pentingnya mengatasi masalah kesehatan masyarakat yang menjadi isu global saat ini. Pada peringatan Hari Kesehatan Sedunia tahun ini yang bertepatan dengan hari Senin 7 April 2014, WHO kembali menyerukan satu pesan singkat namun sarat makna, yakni ‘Small Bite, Big Threat’ (Gigitan Kecil, Sebabkan Petaka). Oleh karena itu masyarakat perlu mengambil langkah-langkah pencegahan untuk melindungi diri dari penyakit menular melalui vektor (Vector-Borne Diseases) itu.
Melalui tema yang disampaikan itu, WHO ingin mengangkat kembali perhatian para pejabat diseluruh negara, jajaran petugas kesehatan dan masyarakat luas mengenai ancaman penyakit menular yang diperantarai oleh hewan serangga itu.
“Dengan hanya satu gigitan saja, penyakit-penyakit ini bias terjadi misalnya penyakit Demam Berdarah, Malaria, Filariasis, Chikungunya yang adalah penyakit yang ditularkan melalui gigitan nyamuk,” kata Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Pandeglang H. Deden Kuswan.
Kadinkes mengatakan, masyarakat  bisa secara aktif berperan dalam pencegahan penyakit-penyakit tersebut. “Caranya adalah dengan melindungi diri dari gigitan nyamuk dengan memasang jala-jala pada jendela/ventilasi, gunakan obat nyamuk atau tidur dibawah kelambu,” jelas Deden.
Upaya lain, tambah Deden dapat dilakukan pengendalian populasi nyamuk dengan melakukan gerakan pemberantasan sarang nyamuk melalui cara Menutup, Menguras dan Mengubur (3M) setiap seminggu sekali dilingkungan tempat tinggal masing-masing. “Singkirkan genangan air dari tempat-tempat di mana nyamuk berkembang biak, seperti dalam wadah tua, pot bunga dan ban bekas,” katanya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar