29 Agu 2015

Kader Kesehatan Sekolah Diharapkan Menjadi Contoh dalam Ber-PHBS

ANAK merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari keberlangsungan hidup manusia dan keberlangsungan sebuah bangsa dan negara. Hal ini secara tegas diamanatkan dalam UUD Tahun 1945 Pasal 28 B Ayat (2) bahwa negara menjamin setiap anak berhak atas kelangsungan hidup, tumbuh, dan berkembang serta berhak atas perlindungan dari kekerasan, eksploitasi dan diskriminasi. 
Dalam rangka hari anak nasional (HAN) tingkat Provinsi Banten, Dinas Kesehatan Kabupaten (Dinkes) Pandeglang mengirimkan duta anak untuk mengikuti berbagai lomba yang diikuti anak tingkat sekolah dasar (SD), sekolah menengah pertama (SMP) maupun tingkat sekolah menengah atas (SMA).
Kadinkes Pandeglang H. Deden Kuswan mengatakan, lomba yang diikuti kontingen Pandeglang merupakan rangkaian pembinaan Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) dimana peserta didik sebagai kader kesehatan sekolah diharapkan dapat menjadi contoh teladan dalam berperilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) baik bagi diri sendiri, keluarga maupun di lingkungannya.
“Kegiatan lomba ini memiliki tujuan untuk merangsang minat dan daya saing setiap dokter kecil dan Kader Kesehatan Remaja (KKR) untuk meningkatkan kemampuan, ketrampilan, dan potensi bagi dirinya melalui kompetensi dan persaingan yang sehat ,” ungkap Deden Kuswan.
Menurutnya, ajang perlombaan tingkat Provinsi Banten yang diikuti Kabupaten Pandeglang antara lain Lomba Cerdas Cermat Dokter kecil, Lomba Dokter kecil (tingkat sekolah dasar), Lomba KKR tingkat SMP dan Lomba Membuat poster kesehatan tingkat SMA.
“Peserta lomba adalah para juara kabupaten untuk masing-masing kategori,” katanya.
Dijelaskan, program dokter kecil mempunyai peran untuk membantu mengembangkan program UKS dari anak ke anak. “Mereka berupaya menanamkan kepada dirinya sendiri, teman-teman, adik-adik, maupun lingkungannya untuk dapat melaksanakan pola hidup sehat sedini mungkin dimanapun dalam kehidupan sehari-hari,” jelasnya.
 Adapun program Kader Kesehatan Remaja (KKR) dimaksudkan untuk menjaring kader yang potensial dan dapat dijadikan tauladan bagi yang lain. “Sehingga anak lebih terpacu dalam melakukan kegiatan UKS di sekolahnya masing-masing sesuai bakat dan minat yang dimiliki,” terangnya.
Ditambahkan, kegiatan Lomba diadakan oleh Dinas Kesehatan Provinsi Banten pada hari Rabu-Kamis Tanggal 12-13 Agustus 2015.

Berdasarkan hasil yang telah dilombakan Kabupaten Pandeglang berhasil merebut beberapa gelar juara diantaranya Lomba KKR mendapat juara III atas nama Dea Mala Sephia asal SMPN 1 Jiput, Juara Harapan 1 untuk lomba membuat poster kesehatan atas nama Ade Triana Hidayah asal Madrasah Aliyah Matla’ul Anwar Pusat Menes, Juara Harapan 4 lomba Dokcil atas nama Fatmawati asal SDN Pulosari, dan juara harapan II lomba cerdas cermat Dokcil yang wakili oleh Eneng Khusnul Khotimah, Ratna Amalia, Islah Aulia Mutaqin yang mewakili SDN 1 Jiput.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar