3 Feb 2014

Dinkes Imbau Warga Waspadai Penyakit Dampak Banjir


MASIH dalam suasana musim penghujan, Dinas Kesehatan (Dinkes) meminta masyarakat selalu waspada terhadap munculnya berbagai penyakit terutama di sejumlah lokasi pasca banjir. Menurut Sekretaris Dinkes Pandeglang dr. Hj. Asmani Raneyanti, MHA sejumlah penyakit  dapat ditimbulkan tersebut antara lain, penyakit yang ditularkan makanan dan minuman diare, muntah berak, mules saat BAB dan BAB ada darah. “Waspadai potensi menularan penyakit, itu bisa juga menjadi kejadian luar biasa (KLB) saat banjir atau pasca banjir,” tutur Asmani usai mengikuti peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW di Pendopo Pandeglang, Rabu (29/1).
Sejauh ini, sambung Asmani, langkah penanganan kesehatan saat banjir maupun pasca banjir yang dilakukan melalui penempatan Posko Kesehatan baik di lokasi penampungan sementara korban banjir maupun kesiapsiagaan Posko di Puskesmas setempat.
"Sampai dengan saat ini, Posko Kesehatan masih terus disiagakan di wilayah puskesmas rawan banjir, untuk antisipasi penyakit pasca banjir,” jelasnya.
Dia mengungkapkan, untuk beberapa penyakit yang diantisipasi persediaan stok obat dinilai cukup. “Kami juga menyiapkan kaporit di Puskesmas untuk mengantisipasi sumur warga yang terendam banjir tercemar," katanya.
Selain itu, Asmani menambahkan Dinkes juga telah melakukan pencegahan dan pengendalian penyakit Demam Berdarah dengan menginstruksikan Puskesmas untuk mengajak masyarakat melakukan pemberantasan sarang nyamuk dengan cara menguras, menutup dan mengubur tempat penampungan air jernih yang berpotensi menjadi perkembangbiakan nyamuk Aedes Aegypti.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar