3 Feb 2014

122 Bumil Dapatkan Layanan USG Gratis di RSB Permata Ibunda


SEBANYAK 122 ibu hamil mendapatkan pelayanan pemeriksaan ultra sonografi (USG) gratis yang diselenggarakan Rumah Sakit Bersalin (RSB) Permata Ibunda yang terletak di Kawasan Saruni Kecamatan Majasari, Pandeglang,  Sabtu (1/2).
Manajer RSB Permata Ibunda Hj. Mei Wijaya mengatakan, baksos ini bentuk kepedulian pihaknya kepada warga Pandeglang sekaligus dalam rangka turut mempercepat penurunan angka kematian ibu dan bayi.
Menurut Mei warga yang memeriksaan kandungan gratis sangat antusias. “Diikuti ibu hamil mulai dari warga Majasari, Pandeglang kota hingga Bangkonol, Karangtanjung, Majasari , Kaduhejo, Saketi , Bojong, dan Cipeucang.
“Kita dalam baksos ini bekerja sama dengan puskesmas untuk mengantarkan ibu hamil tua yang mempunyai risiko tinggi dan warga tidak mampu untuk dilakukan pemeriksaan dokter spesialis kebidanan dan ahli penyakit kandungan di RSB Permata Ibunda,” katanya.
Direktur RSB Permata Ibunda dr. H. Suradal, SpOG mengungkapkan, kondisi kesehatan ibu hamil yang datang dan diperiksa saat baksos dinilainya sebagian besar kondisi kehamilan yang normal. “Keluhan ibu hamil terbanyak yaitu sudah lewat bulan dari tanggal lahir yang seharusnya,” ungkapnya.
Untuk deteksi dini kelainan dalam kandungan, dia menyarankan pentingnya ibu hamil diperiksakan secara lengkap dengan peralatan USG minimal dua kali selama kehamilan. “Sekali di 3 bulan pertama kehamilan untuk memastikan perkembangan janin dalam perut ibu dan sekali pada 3 bulan sebelum lahir untuk melihat berat badan janin dan hari perkiraan lahir,” katanya.
Manfaat lainnya dari USG jelas dokter asal Yogyakarta yang telah mengabdi di Pandeglang selama 20 tahun itu antara lain mengetahui jenis kelamin, melihat posisi plasenta (ari-ari red) bayi maupun mendeteksi dini kelainan kandungan ibu hamil.
Suradal juga menambahkan, RSB Permata Ibunda telah membuka pelayanan konsultasi kepada pasangan suami istri (pasutri) yang sudah lama menikah, namun belum memiliki keturunan untuk mengikuti program pemeriksaan pasutri yang ingin memiliki anak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar