17 Feb 2015

Akbid Pelita Persada gelar SMD dan MMD di Desa Sindanglaut Kecamatan Carita


DALAM rangka Praktek Kerja Lapangan (PKL) Kebidanan Komunitas di Desa Sindanglaut Kecamatan Carita pada 9 sampai dengan 10 Februari 2015 puluhan mahasiswa calon bidan (Cabid) melaksanakan survey mawas diri (SMD) dengan sasaran seluruh warga yang tinggal di desa setempat.
Data hasil SMD setelah ditabulasi dan dioleh disampaikan dalam acara Musyawarah Masyarakat Desa (MMD) yang digelar pada Jumat (13/2/2015).
Hadir dalam MMD yang digelar di SDN 1 Sindanglaut tersebut, Kepala Puskesmas Carita H. Ajat, SKM berserta koordinatorbidan daan bidan desa, Direktur AKbid Pelita Persada, Grogol, Jakarta Syafrani Ibrahim, SST, M.Kes, Kepala Desa Sindanglaut Sulaeman, para kader, tokoh masyarakat serta tokoh agama setempat.
Kepala Puskesmas Carita H. Ajat, SKM mengatakan, MMD merupakan sebuah musyawarah yang diajukan oleh mahasiswa kepada aparat desa untuk mempresentasikan hasil SMD dan observasi yang dilakukan oleh mahasiswa.
“MMD dilakukan untuk menganalisis suatu masalah yang ditemukan oleh mahasiswa lalu didiskusikan bersama dan membuat suatu kesimpulan yang dijadikan suatu rekomendasi bagi aparat desa untuk memajukan desa nantinya,” kata Ajat.
MMD sendiri berjalan cukup lancar. Mahasiswa mempresentasikan seluruh hasil SMD/observasi yang telah dilakukan selama dua hari, lalu menyampaikan seluruh masalah yang ada seperti masalah sanitasi rumah warga,  tentang sampah yang sistem pembuangannya masih belum tertata rapi, masalah kesehatan ibu dan anak hingga masalah keluarga berencana. Acara MMD berlangsung dari pukul 14.00 hingga 17.00 WIB.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar