18 Sep 2015

Dinkes Pandeglang Gandeng MA dan Fatayat NU Sosialisasikan PHBS

DINAS Kesehatan (Dinkes) Pandeglang terus berupaya meningkatkan perilaku sehat masyarakat diantaranya dengan menggandeng organisasi kemasyarakatan (ormas) keagamaan untuk mensosialisasikan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS). Hal itu dilakukan Dinkes dengan menggelar pertemuan penguatan kemitraan yang dihadiri pengurus kecamatan Fatayat  Nahdlatul Ulama (NU) dan Mathla’ul Anwar yang digelar di Kharisma Hotel, Labuan pada 10-11 September lalu.
Kepala Bidang Sumberdaya dan Promosi Kesehatan Dinkes Pandeglang dr. H. Kodiat Juarsa, M.Kes mengatakan, tujuan penguatan kemitraan  dilaksanakan  guna meningkatkan upaya promosi kesehatan dan pemberdayaan masyarakat dalam mewujudkan kemandirian masyarakat untuk hidup bersih dan sehat.  “Peran Ormas keagamaan yang tahun ini diwakili Fatayat NU dan MA ini sangat diharapkan dalam upaya menyehatkan masyarakat, karena organisasi ini terbukti memiliki peran sampai ke akar rumput,” terangnya.
Dijelaskan, penguatan kemitraan dalam peningkatan PHBS dilaksanakan berjenjang dengan melalui tahapan mulai dari tingkat Provinsi, Kabupaten, kecamatan sampai ke tingkat desa dengan melibatkan bidan desa.
Dalam pertemuan yang digelar selama dua hari itu diharapkan adanya kesepakatan kerjasama kemitraan dan peran serta Ormas untuk menysosialisasikan program PHBS melalui Majlis Taklim, sekolah maupun dalam kegiatan upaya kesehatan berbasis masyarakat.
Sekretaris Dinkes Pandeglang H. Didi Mulyadi mengungkapkan, pihaknya tidak bisa bekerja sendiri untuk mencapai tujuan pembangunan kesehatan . Hal itu karena sumberdaya kesehatan yang terbatas.  Oleh karena itu  Dinkes melalui program promosi kesehatannya mengembangkan kemitraan dengan berbagai pihak termasuk dengan ormas keagamaan di Kabupaten Pandeglang.
“fokus kegiatan organisasi kemasyarakatan meliputi Promosi Kesehatan dan Pemberdayaan Masyarakat di lingkungan tempat ibadah, sekolah dan pesantren dalam ber PHBS serta pengembangan Desa Siaga Aktif,” kata Didi.

Pengurus MA Cabang Pandeglang Muamar mendukung langkah sector kesehatan yang mengajak ormas keagamaan dalam rangka meningkatkan derajat kesehatan warga Pandeglang.  Ia mengaku MA telah sejak lama berkiprah dalam upaya pemberdayaan masyarakat melalui pengembangan pos pemberdayaan (Posdaya) Masyarakat salah satunya tentang pentingnya berperilaku hidup sehat di masyarakat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar