7 Nov 2015

214 CPNS Kategori-II Telah Jalani Tes Kesehatan

RATUSAN calon pegawai negeri sipil (CPNS) golongan I dan II yang telah mengikuti pra jabatan di lingkungan Pemkab Pandeglang, mengantre di Laboratorium Kesehatan Daerah (Labkesda) Dinkes Pandeglang sejak pekan kemarin. Kehadiran mereka di rumah sakit itu, untuk menjalani tes kesehatan sekaligus mengurus persyaratan administrasi yang diminta oleh Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Pandeglang.
Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan Umum (Yankesum) Dinkes Pandeglang  Hj. Yeni Herlina mengatakan, kegiatan pemeriksaan kesehatan CPNS Kabupaten Pandeglang berdasarkan surat permohonan dari BKD Pandeglang no.800/1020-BKD/2015 tentang pelaksanaan uji kesehatan bagi CPNS Kabupaten Pandeglang serta surat dari Dinkes Banten no.821/0986/Kes-SDK tentang pengangkatan/penunjukan dokter penguji tersendiri.
“Untuk CPNS golongan I dan II dilaksanakan oleh Dinas Kesehatan untuk CPNS golongan III pemeriksaan kesehatan di RSUD Berkah,” terang Kabid Yankesum Dinkes Pandeglang Hj.Yeni Herlina, Selasa (13/10/2015) kemarin.
Dijelaskan, tujuan pemeriksaan untuk mengetahui kondisi kesehatan CPNS apakah layak menjadi PNS dan mengetahui riwayat penyakit yang pernah diderita. “Disamping itu sebagai salah satu persyaratan CPNS menjadi PNS,” terangnya.
Kepala Seksi Yankes dasar Dinkes Pandeglang Dede Permana menambahkan, hingga hari terakhir pemeriksaan CPNS yang sudah diperiksa sebanyak 214 orang yang telah dilakukan sejak 7 Oktober hingga 13 Oktober 2015.“Pemeriksaan yang dilakukan diantaranya pemeriksaan fisik dan tes laboratorium, pemeriksaan narkoba,” ungkap Dede.
Sekretaris Dinkes Pandeglang H. Didi Mulyadi mengatakan, berkas hasil pemeriksaan kesehatan CPNS akan diserahkan langsung oleh Dinkes Pandeglang kepada BKD. “Jadi yang mengkoordinir dari dinas kesehatan untuk diserahkan seluruhnya ke BKD Pandeglang,” tandasnya.

Ela Laelasari, salah satu CPNS yang mengikuti tes kesehatan menjelaskan dirinya menjalani pemeriksaan fisik meliputi tes mata, berat badan, tinggi badan dan tekanan darah serta diambil urine dan sampel darahnya. Ela yang merupakan CPNS kategori-2 ini berharap dirinya dapat lolos dari tes kesehatan tersebut. “Saya berharap dapat lolos tes kesehatan sehingga bisa jadi PNS nantinya, setelah menjadi honorer bertahun-tahun,” tukasnya. (Ade Setiawan)***

Tidak ada komentar:

Posting Komentar