28 Nov 2015

Kadinkes Pandeglang Ajak Jajaran Kesehatan Terus Tingkatkan Pelayanan

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Pandeglang Hj. Indah Dinarsiani mengajak seluruh jajaran kesehatan terutama petugas Puskesmas untuk selalu meningkatkan pelayanan,  baru kemudian mengajak masyarakat untuk bisa berpartisipasi menjaga kesehatannya supaya kedepan Pandeglang yang lebih sehat dapat tercapai.
Hal itu disampaikan Indah dihadapan ratusan tanaga kesehatan yang hadir saat puncak peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-51 tingkat Kabupaten Pandeglang, yang digelar di Halaman Kantor Dinkes Pandeglang, Selasa (24/11/2015).
Hadir dalam acara tersebut Bupati Pandeglang H. Erwan Kurtubi yang didampingi unsur Musyawarah Pimpinan Daerah (Muspida) Pandeglang, Sekda Pandeglang, para Asisten Daerah, Direktur RSU Berkah, Kepala Kantor Layanan Operasi (KLO) BPJS Kesehatan Kabupaten Pandeglang, para ketua organisasi profesi kesehatan, para mitra kerja, para undangan serta perwakilan tenaga kesehatan dari Puskesmas dan bidan desa se Kabupaten Pandeglang.
Upaya mengajak masyarakat untuk menjaga kesehatan menurut Kadinkes Pandeglang itu diantaranya melalui kegiatan pemberdayaan masyarakat. “Sehingga masyarakat tidak hanya tahu apa itu hidup bersih dan sehat tetapi menyadari arti penting hidup bersih dan sehat, dan bisa menerapkan bagaimana masyarakat menjaga kesehatan melalui perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS),” katanya.
Menurutnya, kedepan upaya promotif  dan preventif akan lebih digalakan lagi oleh dinas kesehatan, diantaranya melalui pemberdayaan masyarakat melalui Paradigma sehat yang lebih diutamakan, tanpa mengabaikan pengobatan dan pemulihan kesehatan
“Tujuannya menyadarkan kepada masyarakat. Bahwa menjaga pola hidup bersih dan sehat  itu lebih utama dari pada harus berobat untuk mengobati,” ungkap Indah.
Dikatakan, saat ini orang yang sehat jauh lebih banyak dari pada yang sakit, mereka juga berhak mendapatkan pelayanan agar yang sehat  dapat dicegah agar tidak sakit atau kalau perlu ditingkatkan kesehatannnya.
“Paling tidak dari masyarakat itu bisa menjaga diri sendiri dan lingkungan, itu sudah 70 persen dari keberhasilan program kesehatan tercapai, sedangkan untuk pelayanan kesehatan pengobatan dalam bentuk pelayanan Jaminan Kesehatan Nasional  JKN) hanya 30 persen, Jadi kita akan mengejar yang 70 persen itu dengan menerapkan gerakan berperilku HidupBersih dan sehat (PHBS,” tegasnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar