12 Nov 2015

Hari Kesehatan Nasional Momentum Introspeksi Kerja Jajaran Kesehatan

HARI Kesehatan Nasional merupakan salah satu momentum penting untuk merepleksikan kembali apa yang sudah dikerjakan dalam upaya menyehatkan masyarakat.  Menurut Kadinkes Pandeglang Hj. Indah Dinarsiani fungsi Puskesmas sebagai pemberi pelayanan kesehatan dasar sekaligus sebagai pembina, pengembang dan pendorong dalam pemberdayaan masyarakat, juga sebagai penggerak pembangunan berwawasan kesehatan di wilayah kecamatan merupakan ujung tombak untuk mewujudkan visi pembangunan kesehatan. “Tantangan pelayanan kesehatan ditingkat Puskesmas kedepan memang harus diantisipasi dengan pelayanan prima. Ini sudah menjadi kebutuhan masyarakat,” katanya.
Dia menegaskan pihaknya terus berupaya menggalang dukungan dengan komponen masyarakat lainnya guna menyukseskan visi pembangunan kesehatan Kabupaten Pandeglang 2011-2016 yakni mewujudkan ‘Masyarakat Sehat Mandiri melalui Pelayanan Prima’
Ia juga menyatakan Dinkes Pandeglang telah berupaya meningkatkan pelayanan di puskesmas dengan mengoptimalkan pelayanan Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) dan Bantuan Operasional Kesehatan (BOK).
Peningkatan pelayanan Puskesmas di diantaranya juga dengan pembangunan tiga gedung baru Puskesmas  yakni Carita, Puskesmas Perdana di Kecamatan Sukaresmi dan gedung Puskesmas Kecamatan Angsana pada TA. 2014.
“Pembangunan tiga unit gedung baru tersebut merupakan upaya pemerintah daerah untuk meningkatkan pelayanan kesehatan masyarakat. Pasalnya, program kesehatan merupakan salah satu prioritas pembangunan Pemkab Pandeglang  yang bertujuan meningkatkan Indek Pembangunan Manusia (IPM).
Disamping itu, fasilitas dan sarana-prasarana yang memadai ini juga harus diimbangi dengan pemberi pelayanan yang ramah, sopan dan penuh perhatian oleh para tenaga kesehatan.
Sementara itu pada TA.  2015 Pemkab masih terus melakukan pembangunan gedung Puskesmas baru yang lebih memadai. Hal itu dilakukan untuk mempercepat pelayanan kesehatan. “Tahun ini direncanakan ada dua pembangunan Puskesmas  baru yaitu Labuan dan Puskesmas Cimanuk yang saat ini dalam tahap pengerjaan,”katanya.
Menurutnya,pembangunan sarana bukan hanya peningkatan fasilitas kesehatan secara fisik. Bahkan, Pemkab telah menambah armada Puskesmas Keliling (Pusling) pada TA.2015.   Dinkes juga sedang merehabilitasi sejumlah Puskesmas yang mulai rusak, membangunan Pos Kesehatan Desa (Poskesdes), pembangunan rumah dinas medis dan paramedis, hingga pembangunan instalasi pengolahan air limbah (IPAL) Puskesmas.
Pada Momen HKN, Kadinkes Pandeglang mengajak masyarakat untuk semakin mencintai kesehatan. Menurut  Indah, generasi cinta sehat bisa diwujudkan melalui tindakan nyata dengan melakukan gerakan hidup bersih dan sehat, menjaga lingkungan agar tetap sehat, serta memanfaatkan fasilitas kesehatan agar tetap sehat.

Kadinkes Pandeglang mengharapkan, setiap peringatan HKN menjadi tonggak peringatan akan pentingnya kesehatan, agar masyarakat makin mencintai kesehatan dan terwujud kemandirian dalam memelihara kesehatan sesuai amanat Undang Undang Nomor 36 tahun 2009 tentang Kesehatan, yang menyatakan bahwa setiap orang berkewajiban berperilaku hidup sehat untuk mewujudkan, mempertahankan, dan memajukan kesehatan setinggi-tingginya. (Ade Setiawan)***

Tidak ada komentar:

Posting Komentar