13 Nov 2015

HKN : Kadinkes Ajak Warga Pandeglang Jadi Pelopor Generasi Cinta Sehat

MOMENTUM peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-51 tahun 2015 diharapkan semakin memperkokok nuansa kebersamaan antar institusi kesehatan, lintas sektor dan masyarakat dalam mengisi pembangunan kesehatan di Kabupaten Pandeglang. Pasalnya, HKN tahun ini bertepatan dengan akan berakhirnya  penerapan program kegiatan Pembangunan Kesehatan yang berdasarkan Rencana Strategis (Renstra) Dinkes Pandeglang 2011-2016.
Oleh karena itu, Kadinkes Pandeglang Hj. Indah Dinarsiani mengajak seluruh jajaran kesehatan menjadikan peringatan HKN yang setiap tahun jatuh pada 12 November  sebagai  tantangan bersama  mewujudkan Pandeglang yang lebih sehat  dalam rangka mewujudkan Visi Pembangunan Kesehatan  Kabupaten Pandeglang menuju Masyarakat Sehat Mandiri Melalui Pelayanan Prima. Kepada warga Pandeglang ia mengajak untuk lebih berperan aktif dalam setiap upaya kesehatan yang berbasis masyarakat dan menjadi pelopor generasi cinta sehat yang siap membangun Pandeglang, khususnya dalam pembangunan bidang kesehatan
Untuk mewujudkan masyarakat sehat mandiri seluruh tenaga kesehatan di fasilitas kesehatan pemerintah maupun sarana pelayanan kesehatan swasta harus bersatu dalam memberikan pelayanan kesehatan prima kepada masyarakat.
Ia juga menyatakan Dinkes Pandeglang telah berupaya meningkatkan pelayanan di puskesmas dengan mengoptimalkan pelayanan Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) dan Bantuan Operasional Kesehatan (BOK).
Peningkatan pelayanan Puskesmas di diantaranya juga dengan pembangunan tiga gedung baru Puskesmas  yakni Carita, Puskesmas Perdana di Kecamatan Sukaresmi dan gedung Puskesmas Kecamatan Angsana pada TA. 2014.
“Pembangunan tiga unit gedung baru tersebut merupakan upaya pemerintah daerah untuk meningkatkan pelayanan kesehatan masyarakat. Pasalnya, program kesehatan merupakan salah satu prioritas pembangunan Pemkab Pandeglang  yang bertujuan meningkatkan Indek Pembangunan Manusia (IPM),” ujarnya.
Disamping itu, fasilitas dan sarana-prasarana yang memadai ini juga harus diimbangi dengan pemberi pelayanan yang ramah, sopan dan penuh perhatian oleh para tenaga kesehatan.
Sementara itu pada TA.  2015 Pemkab masih terus melakukan pembangunan gedung Puskesmas baru yang lebih memadai. Hal itu dilakukan untuk mempercepat pelayanan kesehatan. “Tahun ini direncanakan ada dua pembangunan Puskesmas  baru yaitu Labuan dan Puskesmas Cimanuk yang saat ini dalam tahap pengerjaan.,”katanya.
Menurutnya,pembangunan sarana bukan hanya peningkatan fasilitas kesehatan secara fisik. Bahkan, Pemkab sudah menambah armada Puskesmas Keliling (Pusling).  Puskesmas keliling ini digunakan untuk operasionalPuskesmas dan juga berfungsi sebagai ambulans. Selain itu, Dinkes juga akan merehabilitasi sejumlah Puskesmas yang mulai rusak, membangunan Pos Kesehatan Desa (Poskesdes), pembangunan rumah dinas medis dan paramedis, dan pembangunan instalasi pengolahan air limbah (IPAL) Puskesmas
Pada Momen HKN, Kadinkes Pandeglang mengajak masyarakat untuk semakin mencintai kesehatan. Menurut  Indah, generasi cinta sehat bisa diwujudkan melalui tindakan nyata dengan melakukan gerakan hidup bersih dan sehat, menjaga lingkungan agar tetap sehat, serta memanfaatkan fasilitas kesehatan agar tetap sehat.
Ia mengharapkan, setiap peringatan HKN menjadi tonggak peringatan akan pentingnya kesehatan agar masyarakat makin mencintai kesehatan dan terwujud kemandirian dalam memelihara kesehatan sesuai amanat Undang Undang Nomor 36 tahun 2009 tentang Kesehatan, yang menyatakan bahwa setiap orang berkewajiban berperilaku hidup sehat untuk mewujudkan, mempertahankan, dan memajukan kesehatan setinggi-tingginya. (Adv)***


Tidak ada komentar:

Posting Komentar