10 Mei 2011

Dinkes Pandeglang Mulai Sosialisasikan Jamkesmas 2011

Pandeglang, 4/5 (SIGAP) - Dinas Kesehatan Kabupaten Pandeglang, Provinsi Banten, mulai menyosialisasikan program jaminan kesehatan masyarakat 2011.

Kepala Dinkes Pandeglang Dais Iskandar di Pandeglang, Selasa (3/5) mengatakan, pihaknya mulai melakukan sosialisasi Jamkesmas 2011 sehingga masyarakat lebih mengerti tentang program tersebut.

Dalam sosialisasi itu, kata Dais, juga disampaikan agar masyarakat pemegang kartu Jamkesmas menggunakannya sehingga mendapat pelayanan kesehatan secara gratis.

"Kami juga menyampaikan bahwa kartu Jamkesmas bisa digunakan untuk berobat ke luar daerah, termasuk di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM) Jakarta, sebagai rumah sakit rujukan nasional," katanya.
Mengenai jumlah warga yang masuk dalam program tersebut, menurut dia, sebanyak 620 ribu jiwa, atau sama dengan peserta 2010.

Menurutnya, pemegang karut Jemkesmas tersebut masih lebih sedikit dibandingkan dengan jumlah warga miskin di daerah itu, yang mencapai 712 ribu jiwa.

"Masih ada 90 ribu jiwa warga yang tidak masuk dalam program Jamkesmas, namun demikian kami tetap berupaya agar mereka mendapat perawatan kesehatan secara gratis," katanya.

Warga yang tidak masuk dalam program Jamkesmas itu, lanjutnya, dimasukkan dalam program jaminan kesehatan daerah (Jamkesda), yang biaya pengobatannya ditanggung pemerintah kabupaten (pemkab).
Pemkab Pandeglang pada 2011 mengalokasikan anggaran sekitar Rp3 miliar untuk program Jamkesda tersebut. Nilai anggaran itu, jauh lebih besar dibandingkan alokasi dana 2010 yang hanya sekitar Rp200 juta. (laporan sofyan/ant)

Sumber: SIGAP Bencana & Bansos

Tidak ada komentar:

Posting Komentar