4 Des 2011

Puskesmas Bangkonol Sosialisasi PHBS di Pontren


PUSKESMAS Bangkonol Kecamatan Koroncong menggelar sosialisasi perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) di Pondok Pesantren (Pontren) Nurul Huda Al-Hasani Desa Koroncong, Senin (28/11) kemarin.
Menurut Kepala Puskesmas Bangkonol, Hj. Umbiyati, SKM kegiatan sosialisasi PHBS ditujukan bagi santri dan pengurus Pontren untuk lebih peduli terhadap kesehatan diri dan lingkungannya.
“Hidup sehat bukan hanya milik sebagian orang, tapi harus dinikmati seluruh masyarakat, termasuk kalangan pondok pesantren (Pontren),” katanya.
Agar bisa menjaga kesehatan, ujar Umbiyati, santri dan pengurus Pontren perlu menerapkan PHBS di lingkungan pontren seperti selalu menggunakan air bersih, membuang air besar (BAB) di jamban yang sehat serta membiasakan cuci tangan dengan air bersih memakai sabun.
“Kami juga mengajak para santri untuk secara rutin melakukan pemberantasan sarang nyamuk di lingkungan pondok seminggu sekali untuk menghindarkan diri dari penyakit demam berdarah,” tuturnya.
Selain itu, ungkap Umbiyati, santri diberikan pengetahuan tentang pentingnya aktivitas fisik dan olah raga secara teratur, mengkonsumsi makanan beragam dan seimbang serta menghindarkan diri dari merokok di dalam ruangan. “Saya sampaikan kalau merokok itu tidak baik bagi kesehatan dan sebaiknya kalaupun merokok tidak didalam kobong atau ruangan tertutup,” imbuhnya.
Kegiatan sosialisasi yang diikuti  sekitar 50 santri ini, tampak hadir sejumlah stap puskesmas, bidan desa Koroncong, nara sumber kabupaten dan pimpinan pondok pesantren.
Sementara itu, pimpinan Pontren Nurul Huda Al-Hasani Kampung Ratu Desa/Kecamatan Koroncong KH. Hasan Bisri mengaku mendukung langkah yang dilakukan puskesmas memberikan penyuluhan kesehatan. Dia bahkan berminat untuk bekerja sama dengan puskesmas meningkatkan kesehatan santri dengan pelayanan pengobatan. “Kedepan kami berharap petugas puskesmas datang secara rutin setiap pekan atau sebulan sekali memberikan pelayanan pemeriksaan kesehatan pada santri,” harapnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar