25 Jun 2014

Puskesmas Berprestasi dan Para Nakes Teladan Kabupaten Pandeglang 2014



PUSKESMAS sebagai penyelenggara kesehatan ditingkat kecamatan merupakan salah satu  ujung tombak bagi peningkatan derajat kesehatan masyarakat.  Dalam menjalankan fungsinya Puskesmas selain sebagai pemberi pelayanan kesehatan dasar juga  berperan dalan pemberdayaan masyarakat di bidang kesehatan serta melakukan advokasi pembangunan berwawasan kesehatan di wilayah kerjanya.
Guna mendukung peningkatan kualitas pelayanan Puskesmas telah dilaksanakan penilaian terhadap tenaga kesehatan (nakes) teladan  serta penghargaan terhadap Puskesmas yang berprestasi, sehingga Puskesmas dapat meningkatkan kinerjanya.
Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Pandeglang H. Deden Kuswan mengatakan Puskesmas  berprestasi  dan  tenaga kesehatan teladan tingkat Kabupaten Pandeglang merupakan bentuk apresiasi pemerintah daerah diantaranya dengan memberikan penghargaan bagi  tenaga kesehatan yang telah mengabdi dan mendedikasikan dirinya untuk kepentingan masyarakat.   
Pemberian penghargaan tersebut  sesuai  keputusan  Bupati Pandeglang Nomor 446/Kep.342-Huk/2014 tentang Pemenang Pemilihan tenaga kesehatan teladan dan Puskesmas berprestasi tingkat Kabupaten Pandeglang tanggal 1 April 2014.
“Puskesmas  dan petugas  kesehatan  teladan  yang mendapat  penghargaan, hendaknya bisa bisa menjadi contoh keteladanan dalam memberikan pelayanan kesehatan,” kata Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Pandeglang H. Deden Kuswan, belum lama ini.
Puskesmas berprestasi tahun 2014 yakni untuk kriteria Puskesmas terpencil yakni Puskesmas Cibaliung sebagai juara 1, Pulosari juara 2 dan Puskesmas Cikeusik juara 3. Adapun untuk Puskesmas berprestasi untuk kategori biasa Puskesmas Cimanuk dinobatkan sebagai juara 1, sedangkan untuk peringkat kedua dan ketiga diraih Puskesmas Kaduhejo dan Puskesmas Panimbang.
Untuk tenaga  kesehatan teladan tingkat Kabupaten Pandeglang  peringkat I di  raih drg. Hj. Dian Kiblati bertugas di  Puskesmas Perdana. Peringkat II di raih  drg. Dina Silfani UPT Puskesmas Cimanuk.
Kemudian,  bidan  teladan di raih Sri Rejeki dari  Puskesmas  Labuan, Sedangkan   peringkat  II di raih  Rima Agustiningrum (Puskesmas Cibitung), Tati Mulyati Puskesmas Cikedal peringkat III.
Tenaga  Kesehatan Lingkungan peringkat I (satu) di  raih Yunidah Roniah Sari dan Djuangsih masing-masing dari Puskesmas Cipeucang dan Saketi.
Sedangkan Nutrisionis teladan yakni Hilda Pertamawati (Juara 1) dari Puskesmas Cimanuk, Fahmi Dinas Amlia (Juara 2) Puskesmas Mekarjaya, dan Emi Yusnita juara 3 dari Puskesmas Perdana.
“Untuk masing-masing para teladan dan Puskesmas berprestasi peringkat pertama merupakan perwakilan Pandeglang dalam lomba tingkat Provinsi Banten,” katanya.
Tingkat Provinsi Banten
Sementara itu berdasarkan hasil penilaian lomba tenaga kesehatan teladan tingkat Provinsi Banten yang yang telah dilaksanakan beberapa waktu lalu, Kabupaten Pandeglang berhasil meraih tenaga kesehatan teladan untuk kategori Nutrisionis sebagai Teladan Pertama Tingkat Provinsi Banten tahun 2014. “Dengan prestasi ini Nutrisionis Teladan Hilda Pertamawati berhak mewakili Provinsi Banten sebagai salah satu teladan ditingkat Nasional,” ungkapnya.
Kadinkes H. Deden Kuswan mengaku bangga dengan prestasi yang diraih para Nakes Pandeglang. “Dengan diraihnya penghargaan ini merupakan kebanggaan tersendiri bagi Kabupaten Pandeglang yang menurut penilaian saya kita banyak memiliki keterbatasan, tetapi masih bisa meraih prestasi terbaik di tingkat Provinsi,” katanya.
Dia berharap segala bentuk penghargaan tersebut dapat menjadi penyemangat bagi seluruh jajaran kesehatan di Kabupaten Pandeglang  untuk dapat meningkatkan lagi pelayanan kepada masyarakat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar