25 Jun 2014

Pandeglang Bakal Kembangkan Model Integrasi Posyandu


  
PENINGKATAN kualitas sumber daya manusia (SDM) merupakan pilar utama bagi pembangunan, karena kualitas SDM sangat menentukan kemajuan suatu bangsa. Kualitas SDM antara lain dicerminkan oleh derajat kesehatan, tingkat intelegensia, kematangan emosional dan spiritual yang ditentukan oleh kualitas anak sejak janin dalam kandungan hingga anak berusia balita (bawah lima tahun).
“Diusia balita seorang anak sangat membutuhkan asupan gizi seimbang, kesehatan, pedidikan dan pengasuhan yang baik dan benar agar anak dapat tumbuh kembang secara optimal. Oleh karena itu dalam menciptakan SDM yang bermutu, perlu dilakukan sejak dini yaitu dengan memenuhi kebutuhan dasar anak,” ungkap Kepala Bidang Sumberdaya Kesehatan (SDK) Dinkes Pandeglang dr. H. Kodiat Juarsa, M.Kes disela persiapan pertemuan pengembangan model integrasi Posyandu di Kantornya, kemarin.
Upaya pemenuhan kebutuhan dasar itu menurut Kodiat bisa dilakukan dalam berbagai bentuk kegiatan di masyarakat seperti Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu), Bina Keluarga Balita (BKB), maupun Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD).
“Program yang sudah ada ini bagus kalau diintegrasikan untuk tumbuh kembang anak baik pemeliharaan kesehatan, pemenuhan gizi, pendidikan, pengasuhan, dan perlindungan guna memenuhi semua kebutuhan dasar anak,” pungkasnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar