24 Jun 2014

SDM Promkes Puskesmas Perlu Ditingkatkan



PUSKESMAS sebagai penyelanggara kesehatan di ujung tombak memerlukan petugas kesehatan yang kompeten untuk menggerakan mitra, meyakinkan para penentu kepusan dan terutama memiliki kemampuan untuk menggerakan upaya kesehatan yang bebaris masyarakat (UKBM).
Puskesmas merupakan sarana dan menyediakan pelayanan kesehatan dasar atau tingkat pertama bagi penduduk di wilayah kecamatan. Ditetapkan bahwa PuskEsmas memiliki target pelayanan kesehatan wajib dan target pelayanan pilihan.
Dari enam pelayanan dasar yang wajib di laksanakan oleh Puskesmas, upaya pelayanan kesehatan yang pertama adalah upaya pelayanan promosi kesahatan yang garis besarnya mencakup pelayanan preventif dan promotif.
Promosi kesehatan merupakan suatu proses memampukan masyarakat agar masyarakat dapat mengendalikan, memperbaiki dan meningkatkan derajat kesehatannya (Laurence.W Green). Tujuan promosi kesehatan mengupayakan masyarakat mendapatkan kesehatan yang lebih baik (Ewles & Simnett).
Upaya Promosi kesehatan merupakan bagian dari pembangunan kesehatan, sekaligus sebagai bagian  integral dari pembangunan nasional, yang tidak hanya dilakukan  dan menjadi tanggung jawab sektor kesehatan , tetapi juga menjadi tanggung-jawab seluruh kompenen yang berada di wilayah Puskesmas, termasuk dukungan proaktif dan gerakan masyarakat.
Upaya promosi kesehatan terdiri  dari 8 kegiatan yaitu : meliputi (1) Pendidikan kesehatan (2) kegiatan kebijakan ekonomi terkait keputusan berupa peraturan (3)Upaya kesehatan lingkungan (4)Kebijakan publik  berwawasan kesehatan, (5)Pengembangan organisasi (6)Upaya kesehatan berbaris masyarakat.(7)Pelayanan kesehatan berorientasi pada kesehatan pencegahan dan (8)Upaya komunikasi kesehatan.
Permasalahan yang di hadapi banyak puskesmas yang belum memiliki unit pelayanan promosi kesehatan atau belum terisi dengan SDM, petugas promkes. Itulah sebab nya diperlukan pelatihan SDM promkes bagi puskesmas yang SDM nya belum terlatih, maupun melatih petugas kesahatan puskesmas yang di harapkan memiliki kompetensi promkes dan dapat di posisikan menjadi SDM promkes di puskesmas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar