20 Jun 2014

Tim P2WKSS Garap Dua Desa di Kecamatan Mandalawangi


Kabupaten Pandeglang mengunggulkan Kampung Ramea Pasir Desa Cikumbueun dan Kampung Peuteuy Sayak, Desa Ramea Kecamatan Mandalawangi untuk dinilai sebagai Kampung binaan Program Pemberdayaan Wanita menuju Keluarga Sehat Sejahtera (P2WKSS) ditingkat Provinsi Banten.  Berbagai persiapan dan pembenahan terkait objek penilaian telah dimulai sejak awal tahun lalu oleh tim pembina P2WKSS Kabupaten Pandeglang yang dikomandani Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Badan Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Keluarga Berencana (BP3AKB) setempat.
Kepala BP3AKB Pandeglang Dra. Hj. Tati Suwagiharti, MM mengatakan, P2WKSS merupakan program lintas program dan sektoral yang dilaksanakan secara kontinyu dan berkelanjutan oleh SKPD terkait, sehingga apa yang menjadi tujuan pembinaan dalam P2WKSS dapat tercapai. "P2WKSS akan berhasil jika individu masyarakat terutama kaum ibu memahami kedudukan dan perannya dalam mewujudkan suatu keluarga dan masyarakat sejahtera,” ujarnya saat mendampingi kunjungan pembinaan tim pembina P2WKSS Provinsi Banten di Kampung Peuteuy Sayak, Desa Ramea, Kecamatan Mandalawangi, Kabupaten Pandeglang, kemarin.
Hadir dalam kegiatan itu Camat Mandalawangi Suparta Wijaya, SE, beserta kepala UPT setempat, Kades Ramea Busro, kader, tokoh masyarakat serta para pejabat dilingkungan Pemkab Pandeglang.
Adapun tim P2WKSS Provinsi Banten diketuai oleh Dra. Evi Sofia Rn. Kabid Pengarusutamaan Gender dan Kualitas Hidup Perempuan pada BPPMD Provinsi Banten ini hadir didampingi sejumlah perwakilan SKPD lintas sektor diantaranya unsur Dinas Kesehatan dan Dinas Pendidikan Provinsi Banten.
Tati mengungkapkan, salah satu tujuan pembinaan terhadap perempuan dibidang ekonomi, pendidikan serta kesehatan ini agar kaum hawan termotivasi untuk berpartisipasi dalam pembangunan disegala bidang. “Kita mengajak kaum perempuan untuk ikut berkiprah dalam pembangunan segala bidang,” tandasnya.
Kepala Bidang Pemberdayaan Perempuan pada BP3AKB Pandeglang Ratu Tanti Darmiasih mengatakan, penetapan dua desa di Kecamatan Mandalawangi didasari penilaian yang sangat selektif, dan telah memenuhi kriteria untuk dipersiapkan menjadi kampung binaan P2WKSS yang diutamakan pada 100 kepala keluarga (KK) terpilih.
Pihaknya, menurut Ratu Tanti, akan memonitor secara langsung perkembangan kegiatan yang akan dilakukan di Kampung Ramea Pasir Desa Cikumbeueun dan Kampung Peuteuy Sayak Desa Ramea,  hingga menjelang penilaian P2WKSS yang dilakukan oleh tim penilai dari Pemerintah Provinsi Banten pada Oktober 2014 mendatang.
“Salah satu kampung P2WKSS itu nantinya akan mewakili Kabupaten Pandeglang dalam penilaian tingkat provinsi,” tegasnya.
Ditambahkan, saat ini tim pembina P2WKSS provinsi melakukan pembinaan awal dengan mengunjungi dua desa  sekaligus menyalurkan berbagai bantuan yang dibutuhkan warga setempat, diantaranya makanan pendamping ASI biskuit, bibit tanaman dan ikan serta bangunan MCK.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar