21 Jun 2014

TP UKS Gelar Lomba Cerdas Cermat Dokter Kecil Tingkat Sekolah Dasar


TIM Pembina Usaha Kesehatan Sekolah (TP UKS) Kabupaten Pandeglang menggelar rangkaian acara pembinaan bagi TP UKS se Kabupaten Pandeglang. Kegiatan yang digelar di Gedung Majelis Ulama Indonesia (MUI) Pandeglang itu diantaranya cerdas cermat dan lomba dokter kecil (dokcil) tingkat Sekolah Dasar (SD) pada Hari Selasa (17/6).
Ketua TP UKS Pandeglang H. Dodo Djuanda dalam sambutannya mengatakan kegiatan ini merupakan agenda tahunan TP UKS dalam rangka pembinaan sekaligus menilai kemampuan peserta didik yang dibina dalam wadah dokter kecil baik pengetahuan, sikap dan perilaku dalam bidang pendidikan dan kesehatan.
“Saya bangga melihat anak-anak yang mengikuti lomba ini, semoga dengan lomba ini bisa memotivasi dan member kesadaran anak-anak dalam melakukan perilaku hidup bersih sehat, bukan hanya untuk diri sendiri, tetapi juga untuk lingkungan sekolah dan keluarga,” katanya.
Salah seorang tim juri lomba Cerdas Cermat Dokcil dr. H. Kodiat Juarsa, M.Kes mengatakan, lomba diikuti 23 perwakilan TP UKS Kecamatan se Kabupaten Pandeglang.
“Sebagai pemenang dalam lomba cerdas cermat ini, yaitu Juara 1 peserta dari TP UKS Kecamatan Jiput, Juara 2 Kecamatan Menes , dan Juara 3 dari Kecamatan Cisata,” ungkapnya, kemarin.
Adapun untuk kategori lomba dokcil juara satu diraih peserta dari TP UKS Kecamatan Sumur, dan untuk peringkat kedua dan ketiga diraih TP UKS Kecamatan Banjar dan Kecamatan Cadasari.
Kodiat yang juga Kepala Bidang (kabid) Sumberdaya kesehatan Dinkes Pandeglang itu menjelaskan lomba ini dilaksanakan dengan tujuan untuk meningkatkan rasa tanggung jawab dan menyebarluaskan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) sejak dini baik dilingkungan keluarga maupun sekolah.
Dia berharap pemenang lomba ini nanti bisa mewakili Kabupaten Pandeglang dalam lomba cerdas cermat dokcil tingkat Provinsi Banten.
Ketua Tim Juri Lomba Dokcil Tingkat Kabupaten Pandeglang Yudi Hermawan, SKM mengatakan, proses pelaksanaan lomba dokcil didampingi tim Pembina UKS masing-masing kecamatan. “Penilaian lomba ini berdasarkan kriteria seperti Higien dan kebersihan diri, ujian tulis serta bermain peran (role play) dan studi kasus pertolongan pertama pada penyakit (P3P)dan pertolongan pertama pada kecelakaan (P3K),” kata Yudi yang juga  Kepala Seksi Promosi Kesehatan Dinkes Pandeglang ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar