3 Des 2014

Puluhan Mahasiswi Fakultas Kedokteran dan Kesehatan UMJ Praktik Kebidanan Komunitas di Desa Majau



SEBANYAK 92 mahasiswi  program D-3 Fakultas Kedokteran dan Kesehatan asal Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ) melakukan praktik kebidanan komunitas di Desa Majau, Kecamatan Saketi, Pandeglang.
Rencananya, calon bidan tersebut akan berbaur dengan masyarakat setempat mulai Senin (1/12/2014) hingga dua pecan mendatang. Didampingi para dosen pembimbingnya, seluruh mahasiswa akan menginap di rumah rumah penduduk untuk melaksanakan praktik kebidanan komunitas.
Ketua Program Studi Diploma III Kebidanan FKK UMJ Fatimah, S.ST.,M.KM mengatakan, Praktik Kebidanan Komunitas merupakanpengalaman belajar lapangan bagi calon bidan dimana mahasiswa diberi kesempatan untuk lebih memahami serta mampu dan terampil menggunakan ilmu yang telah dipelajari selama di kelas. “Melalui praktik kebidanan komunitas diharapkan dapat dihasilkan lulusan bidan yang profesional dan dapat bekerja sesuai bidangnya di masyarakat,” kata Fatimah dalam sambutan serah terima Mahasiswi Praktek Kebidanan Komunitas kepada Camat Saketi Edi Rohaedy, Senin (1/12/2014).
Dijelaskan, nantinya para mahasiswi akan melakukan rangkaian kegiatan yang meliputi survey mawas diri (SMD), Miusyawarah Masyarakat Desa (MMD) hingga nantinya akan melakukan intervensi kegiatan sesuai dengan masalah yang ditemukan di desa.
Menurutnya Praktik Kebidanan Komunitas FKK UMJ telah dilakukan bekerja sama dengan Dinas Kesehatan (Dinkes) Pandeglang sejak tahun 2010. “Ini kegiatan ke-5 yang ditempatkan di Desa Majau Kecamatan Saketi, Kabupaten Pandeglang,” katanya.
Hadir dalam acara tersebut, Kepala Seksi Promkes Dinkes Pandeglang Yudi Hermawan, Danramil Saketi, Kades Majau Mahfud Yusup, Ketua LMD, BPD, Karangtaruna serta jajaran Puskesmas Saketi dan sejumlah Dosen Pembimbing dari UMJ,  Jakarta serta para tokoh masyarakat setempat.
Kades Majau Mahfud Yusup mengapresiasi adanya Praktik Kebidanan Komunitas di wilayah kerjanya. Dia mengaku bersyukur, karena dengan keberadaan para calon bidan di desa Majau diharapkan lebih meningkatkan derajat kesehatan masyarakat, khsususnya kesehatan ibu dan anak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar