4 Des 2014

Selama 2014 : Dinkes Temukan 27 Pengidap HIV/AIDS Baru



ANGKA pengidap HIV/AIDS di Kabupaten Pandeglang jumlahnya terus mengalami peningkatan setiap tahunnya. Hingga 1 Desember 2014, Dinas Kesehatan (Dinkes) Pandeglang mencatat ada sebanyak 126 orang yang positif  dengan HIV/AIDS (ODHA). Meski demikian angka penderita tersebut masih yang terkecil diantara 8 kabupaten/kota lainnya di Provinsi Banten.
Kepala Seksi Promosi Kesehatan Dinkes Pandeglang Yudi Hermawan, SKM, mengatakan selama 2014 tercatat ada 27 orang pengidap HIV/AIDS baru di Kabupaten Pandeglang.
"Data kami pada 2013 lalu tercatat kasus HIV/AIDS ada 99 orang dan tahun ini lagi bertambah 27 orang," ungkap Yudi Hermawan, saat mengkampanyekan pencegahan HIV/AIDS kepada puluhan calon bidan praktik komunitas asal Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ) di Desa Majau, Kecamatan Saketi (1/12/2014) kemarin.
Menurut Yudi, di Kabupaten Pandeglang kebanyakan faktor resiko penularan virus HIV adalah heteroseksual atau karena hubungan seksual.
"Masih banyak penderita yang tidak menyadari dirinya terinfeksi. Lalu melakukan hubungan seksual dan menularkan kepada pasangannya. Ada juga faktor penularan dari ibu kepada bayinya," jelasnya.
Dijelaskan, berdasarkan variasi usia penderitanya, pengidap HIV/AIDS di Pandeglang terkecil berumur 2,5 tahun hingga yang tertua 40 tahun. “Sampai saat ini yang terdata masih ada 64 penderita yang masih bertahan hidup, sisanya sudah meninggal,” ujarnya.
Dia menegaskan, guna mencegah penyebaran HIV/AIDS, Pemkab Pandeglang melalui dinas kesehatan terus mensosialisasikan kepada masyarakat terkait bahaya HIV/AIDS.
"Peran bidan sebagai tenaga kesehatan yang ada di desa sangat penting dalam rangka menyosialisasikan program pencegahan HIV/AIDS kepada masyarakat,” tandasnya.
Hadir dalam acara yang bertepatan dengan Hari AIDS sedunia itu, Camat Saketi Edi Rohaedy, Kades Majau Mahfud Yusup serta jajaran Puskesmas Saketi dan sejumlah Dosen Pembimbing dari UMJ,  Jakarta serta para tokoh masyarakat setempat.
Yudi menambahkan, untuk tahun 2014, tema besar HAS tahun 2014 adalah "Cegah dan lindungi diri, keluarga dan masyarakat dari HIV-AIDS dalam rangka perlindungan HAM". 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar