5 Des 2014

Puskesmas Pagadungan Gencarkan PHBS di Lingkungan Pontren



UPAYA terus menerus dilakukan Puskesmas Pagadungan Kecamatan Karangtanjung dalam rangka meningkatkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) di tatanan pendidikan. Diantaranya dengan menggelar PHBS di lingkungan Pondok Pesantren (Pontren) di wilayah kerjanya.  
Kepala Puskesmas Pagadungan, Hj. Eni Rohaniah, SKM mengatakan kegiatan sosialisasi PHBS ditujukan bagi santri dan pengurus Pontren untuk lebih peduli terhadap kesehatan diri dan lingkungannya.
“Hidup sehat bukan hanya milik sebagian orang, tapi harus dinikmati seluruh masyarakat, termasuk kalangan pondok pesantren (Pontren),” katanya disela melakukan pembinaan PHBS di Pontren Algifari Bantani, Komplek Karangwinaya, Pagadungan, Selasa (2/12/2014)
Agar bisa menjaga kesehatan, kata Eni, santri dan pengurus Pontren perlu menerapkan PHBS di lingkungan pontren seperti selalu menggunakan air bersih, membuang air besar (BAB) di jamban yang sehat serta membiasakan cuci tangan dengan air bersih memakai sabun.
“Kami juga mengajak para santri untuk secara rutin melakukan pemberantasan sarang nyamuk di lingkungan pondok seminggu sekali untuk menghindarkan diri dari penyakit demam berdarah,” tuturnya.
Kegiatan sosialisasi ini diikuti  sekitar 50 santri setingkat MTs dan MA, tampak hadir sejumlah stap puskesmas, Pimpinan MTs/MA Ust. Uus Dadan Hermawan, dr. Sri Agustian, nara sumber kabupaten dan sejumlah pimpinan pondok pesantren.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar