8 Agu 2013

Dinkes Pandeglang Siagakan Posko Kesehatan Selama Lebaran


Pandeglang, 30/7 (Antara) - Dinas Kesehatan Kabupaten Pandeglang, Provinsi Banten, menyiapkan pos koordinasi kesehatan untuk melayani kalangan pemudik saat arus mudik dan balik Lebaran 2013.
Koordinator Tim Kesehatan Lebaran Dinkes Pandeglang Yeni Herlina di Pandeglang, Selasa, menjelaskan pendirian posko mulai dioperasikan mulai H-7 atau Jumat (2/8) hingga H+7 Idul Fitri.
"Tim kesehatan yang akan melaksanakan pelayanan atau piket serta logistik untuk pelayanan kesehatan sudah disiapkan, tinggal menunggu operasional saja yang dijadwalkan mulai H-7," katanya.
Menurut dia, Dinkes telah menyiapkan tim kesehatan sebanyak 472 orang diantaranya terdiri dari dokter dan petugas medis lainnya yang akan siaga selama 24 jam secara bergiliran di 45 posko itu.
"Posko yang kita dirikan itu merupakan posko utama, dalam pelaksanaannya nanti akan didukung 36 pusat kesehatan masyarakat (puskesmas) dan sembilan posko alternatif, jadi kalau totalnya kita mengoperasikan 90 titik untuk pelayanan kesehatan selama Lebaran ini," ujarnya.
Dinkes, kata dia, telah mengeluarkan imbauan agar seluruh puskesmas buka selama 24 jam mulai H-7 hingga H+7. Seluruh kepala puskesmas juga telah dipanggil untuk rapat koordinasi terkait pelayanan kesehatan selama Idul Fitri.
"Sedangkan posko alternatif yakni posko gabungan dengan petugas dari Kepolisian dan Dinas Perhubungan, Komuniasi, dan Informatika (Dishubkominfo) Pandeglang," katanya.
Ia menjelaskan, dari sembilan posko alternatif atau tambahan itu, sebanyak enam pos diantaranya merupakan bagian dari posko gabungan bersama Polri dan Dishub yakni Pasar Badak, alun-alun timur Pandeglang, Terminal Kadubanen, pertigaan Mengger, Terminal Torogong, dan Posko Lippo, di kawasan wisata Pantai Carita.
Sedangkan tiga posko lainnya, disepanjang jalur Mandalawangi menuju Caringin, Kecamatan Carita yang akan dikoordinasikan oleh Puskesmas Mandalawangi, Puskesmas Pulosari dan Puskesmas Jiput.
Yeni menjelaskan, selama bertugas tim kesehatan yang bertugas di pos kesehatan masing-masing sebanyak dua orang terdiri dari petugas medis dan paramedis yang dibagi dalam dua shif sehari mulai 07.00 19.00 WIB dan 19.00 07.00 WIB, selama 24 jam.
"Kecuali pada hari H atau hari pertama Lebaran. Petugas jaga dibagi menjadi tiga shift pukul 07.00 WIB-14.00 WIB, pukul 14.00 WIB-21.00 WIB, dan pukul 21.00 WIB-07.00 WIB," kata Yeni yang juga Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan Umum Dinkes Pandeglang. (sambas/antaranew.com)***

Tidak ada komentar:

Posting Komentar