14 Agu 2013

Tenaga Kesehatan Teladan Pandeglang Dapat Hadiah dan Penghargaan

PEMERITAH Kabupaten (Pemkab) Pandeglang memberikan penghargaan kepada 11 tenaga kesehatan (nakes) teladan tahun 2013. Mereka terdiri dari nakes teladan untuk empat kategori yakni dokter umum, perawat, nutrisionis (ahli gizi) dan Pranata Laboratorium Puskesmas yang diseleksi dari 36 Puskesmas se-Kabupaten Pandeglang sejak awal tahun ini.
Penghargaan kepada para Nakes Teladan di Puskesmas diharapkan dapat memotivasi untuk meningkatkan minat Nakes bekerja di Puskesmas. Sehingga dapat menjadi pendorong terciptanya Nakes yang nasionalis, etis dan profesional, memiliki pengabdian yang tinggi, disiplin, kreatif, berilmu, terampil, berbudi luhur serta memegang teguh etika profesi.
Oleh karena itu pemilihan Nakes yang dilakukan sangat selektif dan berjenjang. Pemilihan tenaga kesehatan tingkat Puskesmas ini dilakukan oleh Tim Penilai secara berjenjang dari tingkat kabupaten/kota sampai propinsi. Tim Penilai di tingkat Kab./Kota ditetapkan oleh Bupati/Walikota dengan Ketua Kepala Dinas Kesehatan/unsur Dinkes Kab/Kota dengan anggota pejabat lintas sektor terkait, unsur Dinas Kesehatan Kab./Kota, dan unsur organisasi profesi terkait. Sedangkan di tingkat Propinsi, Tim Penilai ditetapkan oleh Gubernur dengan Ketua Kepala Dinas Kesehatan dan Anggota terdiri dari pejabat di lingkungan Dinas Kesehatan Propinsi yang ditunjuk, pejabat lintas sektor terkait dan organisasi profesi terkait.
Komponen penilaian yang harus dipenuhi terdiri dari kriteria umum dan kinerja. Kriteria umum meliputi berakhklak dan berbudi pekerti baik, tidak sedang dalam kasus pidana/perdata dan penyalahgunaan Napza, berjasa terhadap masyarakat di wilayah kerjanya baik langsung maupun tidak langsung dan lulus seleksi yang dilakukan Tim Penilai.
Sedang komponen kinerja meliputi sebagai penggerak pembangunan berwawasan kesehatan, sebagai tenaga pemberdayaan masyarakat, sebagai pemberi pelayanan kesehatan strata pertama, sebagai pegawai Puskesmas (tanggung jawab, ketaatan, kejujuran, kerja sama, prakarsa dan kepemimpinan), sebagai Nakes profesional (keikutsertaan dalam bidang keilmuan, hubungan dengan pasien dan keluarga miskin, hubungan dengan rekan kerja), sebagai anggota masyarakat (kepribadian, peran serta dalam masyarakat, berperan aktif dalam kegiatan kemasyarakatan, berperan dalam pembinaan generasi muda dan berperan dalam organisasi kemasyarakatan.
Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Pandeglang H. Deden Kuswan mengatakan ketatnya seleksi yang harus ditempuh para Nakes teladan itu karena dipundak para teladan ada beban yang berat menjadi contoh bagaimana cara melayani masyarakat dengan sebaik-baiknya. “Teladan itu kinerjanya akan menjadi rujukan dan jejaknya akan diikuti tenaga kesehatan lainnya untuk memotivasi memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat,” ujar H. Deden Kuswan dalam sambutannya saat pemberian penghargaan dan hadiah bagi para Nakes teladan tingkat Kabupaten Pandeglang, di Aula Dinas Kesehatan, Rabu (14/8).
Selain penghargaan dari Bupati Pandeglang H. Erwan Kurtubi, masing-masing para Nakes teladan 2013 juga mendapatkan hadiah tabungan Tanda Mata yang diserahkan langsung oleh Manager Senior Bank Jabar Banten (BJB) Pandeglang Arief Abdul Qudus.
Empat Kategori
Pemilihan tenaga kesehatan Kabupaten Pandeglang Tahun 2013 terdiri dari empat kategori yang diikuti oleh perwakilan 36 Puskesmas se Kabupaten Pandeglang, dimana masing masing puskesmas diwakili oleh seorang dokter umum, perawat, nutrisionis (ahli gizi) dan Pranata Laboratorium Puskesmas.
Berdasarkan hasil seleksi ditetapkan sebanyak 11 nakes teladan tingkat Kabupaten Pandeglang yang terdiri dari teladan peringkat 1 hingga IV. Para teladan peringkat pertama tersebut diantaranya Dr. Hj. Nidia Afrah dariPuskesmas Jiput, Alik Wahyudi (Perawat PKM Cimanggu), Vara Oktasani (NutrisionisPKM Panimbang), dan Juriah Pranata Laboratorium Puskesmas Panimbang.

Untuk Nakes teladan peringkat pertama masing-masing diikutkan dalam seleksi Nakes Teladan tingkat Provinsi Banten yang sudah ditetapkan pemenangnya pada Juni 2013 lalu. Berdasarkan Surat Keputusan Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Banten No.821/1657/Kes/VI/2013 tentang penetapan pemenang lomba tenaga kesehatan teladan tingkat Provinsi Banten tahun 2013, Alik Wahyudi Perawat Teladan dari Kabupaten Pandeglang ditetapkan sebagai Nakes Perawat Teladan peringkat pertama tingkat Provinsi Banten Tahun 2013 dan berhak mendapatkan penghargaan tingkat Nasional mewakili Provinsi Banten.

Berikut lampiran lengkap Surat Keputusan Bupati Pandeglang No. 446/Kep.164-Huk/2013 tanggal 3 Mei 2013 tentang Daftar Nama Pemenang Tenaga Kesehatan Teladan Puskesmas Tingkat Kabupaten Pandeglang Tahun 2013

Daftar Nama Pemenang Tenaga Kesehatan Teladan Puskesmas 
Tingkat Kabupaten Pandeglang Tahun 2013
No Kategori Nama Unit Kerja Peringkat
1 Dokter Umum 1. Dr. Hj. Nidia Afrah PKM Jiput I
2. Dr. Liez Azizah PKM Cimanuk II
3. Dr. Dewi Anti Yusnita PKM Cibaliung III
2 Perawat 1. Alik Wahyudi, A.Md.Kep PKM Cimanggu I
2. Anwar Firmanjaya, S.Kep PKM Cisata II
3. Hamdan Hermawan, S.Kep PKM Cipeucang III
4. Widaningsih, A.Md.Kep PKM Carita IV
3. Nutrisionis 1. Vara Oktasani, A.Md.Gz PKM Panimbang I
2. Sanni Yasmi N, A.Md.Gz PKM Carita II
4. Pranata Laboratorium 1. Juriah, S.Si PKM Panimbang I
2. Arif Rifai, A.Md. Ak PKM Cimanuk II

Tidak ada komentar:

Posting Komentar