6 Agu 2013

Kadinkes: Posko Lebaran Bisa Melayani Masyarakat Umum


KEPALA Dinas Kesehatan Kabupaten Pandeglang, Provinsi Banten Deden Kuswan menyatakan Posko Kesehatan Idul Fitri 1434 Hijriyah tidak hanya melayanai pemudik tetapi juga masyarakat umum.
“Pelayanan Pos Kesehatan ditujukan untuk pemudik, tetapi tidak menutup non pemudik juga akan dilayani dalam kondisi darurat di dekat pos pelayanan kesehatan,” ujar Deden Kuswan.
Masyarakat, kata dia, terutama yang tinggal di sekitar posko bisa meminta pelayanan kesehatan pada petugas jaga, dan dipastikan akan mendapat pelayanan secara maksimal serta memperoleh obat yang dibutuhkan.
"Di posko tersebut bisa memberikan pelayanan kesehatan, meliputi pelayanan gawat darurat, pelayanan kesehatan dasar, dan rawat inap tingkat pertama, rujukan dan surveilans epidemiologi," tegasnya.
Untuk mendukung operasional dan monitoring pelaksanaan pos kesehatan yang ada di lapangan, Kadinkes mengungkapkan telah membentuk posko kendali utama tingkat kabupaten dengan menyiagakan dua orang dokter, 15 bidan dan perawat serta lima orang tenaga teknis lainnya.
Selain itu, kata dia, pada posko kendali utama yang dipusatkan di Klinik Dinas Kesehatan Kabupaten Pandeglang disiagakan juga logistik cadangan berupa kendaraan ambulance, satu unit, vellbed dan tandu masing-masing dua unit serta obat-obatan serta alat kesehatan yang diperlukan untuk penanganan kasus kegawatdaruratan.
Sementara itu Koordinator Pelayanan Kesehatan arus mudik 2013/1434 Hijriyah Hj. Yeni Herlina menambahkan, guna memberikan pelayanan kesehatan pada warga yang mudik dan arus balik saat Lebaran, Diskes Pandeglang membentuk 45 posko utama pelayanan kesehatan yang terdiri dari 36 puskesmas dan sembilan posko kesehatan tambahan dan alternatif.
Ia menjelaskan, dari sembilan posko alternatif atau tambahan itu, sebanyak enam pos diantaranya merupakan bagian dari posko gabungan bersama Polri dan Dishub yakni Pasar Badak, alun-alun timur Pandeglang, Terminal Kadubanen, pertigaan Mengger, Terminal Torogong, dan Posko Lippo, di kawasan wisata Pantai Carita.
Sedangkan tiga posko lainnya, di sepanjang jalur Mandalawangi menuju Caringin, Kecamatan Carita yang akan dikoordinasikan oleh Puskesmas Mandalawangi, Puskesmas Pulosari dan Puskesmas Jiput.
Selama bertugas tim kesehatan yang bertugas di pos kesehatan masing-masing sebanyak dua orang terdiri dari petugas medis dan paramedis yang dibagi dalam dua shif sehari mulai 07.00 - 19.00 WIB dan 19.00 - 07.00 WIB, selama 24 jam.
"Kecuali pada hari H atau hari pertama Lebaran. Petugas jaga dibagi menjadi tiga shift pukul 07.00-14.00 WIB, pukul 14.00-21.00 WIB, dan pukul 21.00-07.00 WIB," kata Yeni yang juga Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan Umum Dinkes Pandeglang itu. (sambas/antaranews.com)***

Tidak ada komentar:

Posting Komentar