13 Des 2013

Dinkes dan Dinsosnakertrans Sosialisasikan Senam Lansia


JUMLAH Lanjut Usia (Lansia) yang terus bertambah seiring dengan peningkatan umur harapan hidup (UHH) telah menjadi perhatian Pemkab Pandeglang.
Menurut Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan Khusus (Yankesus) Dinkes Pandeglang Hj. Eniyati peningkatan UHH tersebut tidak terlepas dari masalah kesehatan. “Melihat hal tersebut Dinkes terus berupaya meningkatkan pemberdayaan lansia melalui berbagai program, yang nantinya diharapkan para lansia dapat menjalani hidup lebih baik,” ujar Eniyati yang juga ketua Panitia Sosialisasi Senam Lansia yang digelar di Lapangan Futsal Lintas Timur, Pandeglang, Kamis (12/12).
Hadir dalam kegiatan kerjasama antara Dinkes dan Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Dinsosnakertrans) Pandeglang itu, Sekretaris Dinkes Pandeglang dr. Hj. Asmani Raneyanti, Kepala Dinsosnakertrans H. Anwar Fauzan, perwakilan TP PKK, Forum Kader, Bappeda, BP3AKB, dan Persatuan Wredatama Republik Indonesia (PWRI) Kabupaten Pandeglang.
Eniyati menambahkan, diantara program yang telah dijalankan yakni mengembangkan Pos Pembinaan Terpadu (Posbindu) Lansia yang sekarang sudah berjalan di 20 puskesmas.
“Sosialisasi Senam Bugar Lansia Indonesia (SBLI) ini sebagai salah satu penunjang meningkatkan kesehatan lansia,” katanya.
Kepala Dinsosnakertrans yang hadir memberi sambutan mengatakan penanganan Lansia merupakan program terintegrasi lintas program dan lintas sektor. Oleh karenanya Pemkab telah menerbitkan Surat Keputusan Bupati Pandeglang No.465.1/2013 tentang Komisi Daerah (Komda) Lansia dan Pemberdayaan Masyarakat. “Dengan adanya Komda pelayanan terhadap lansia akan lebih ditingkatkan lagi,” tegasnya.
Sekretaris Dinkes Pandeglang Hj. Asmani Raneyanti dalam sambutan pembukaan mengatakan, pentingnya membudayakan aktivitas fisik senam dikalangan lansia agar mereka tetap bugar. “Nanti peserta yang hadir harus menyosialisasikan kembali kepada Puskesmas dan Kader Posbindu Lansia ditempat masing-masing,” ujar Asmani.
Acara yang diikuti sekitar 50 peserta calon instruktur dari 20 Puskesmas, lintas program dan lintas sektor tersebut sekaligus mendapatkan peragaan praktik senam dari instruktur SBLI Kabupaten Pandeglang, Fitria.

1 komentar:

  1. keren artikelnya ^^. Apalagi ditambah ilustrasi gitu, jadi gampang kalo mau dipraktekin. Oh iya tau gak sis yang jual baju senam terbaru? kalo bisa yang kualitasnya topcerrr hehe.

    BalasHapus