11 Des 2013

Gerak Jalan Sehat Warnai Puncak Peringatan HKN ke-49 Kabupaten Pandeglang

PUNCAK peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-49 tingkat Kabupaten Pandeglang di halaman Kantor Dinkes Pandeglang, Selasa (10/12) kemarin berlangsung meriah.
Nuansa puncak peringatan HKN mulai terasa sejak pagi sekitar pukul 07.00 Wib, dengan kedatangan ratusan pegawai kesehatan mulai bidan desa, dokter dan paramedis puskesmas berbagai wilayah di Pandeglang.
Momentum HKN yang diperingati setiap 12 November itu memang diselenggarakan jajaran kesehatan sebagai ajang silaturrahim, karena di acara inilah sebagian besar pegawai kesehatan mulai bidan desa, pegawai puskesmas hingga, jajaran RSUD  dan pegawai Dinkes berkumpul.
Maka jangan heran peringatan HKN menjadi saat yang ditunggu dan setiap tahun disambut antusias para pegawai. Berbagai rangkaian kegiatan pun digelar untuk membangun kebersamaan antar pegawai seperti gerak jalan sehat, maupun kampanye pelayanan jaminan persalinan.
Menurut Ketua Panitia HKN Kabupaten Pandeglang dr. Firmansyah, puncak HKN di kemas dalam acara 'Silaturrahim' jajaran kesehatan yang diawali dengan olah raga jalan sehat pada pukul 08.00 pagi dengan mengelilingi seputaran Kota Pandeglang yang akan diikuti sekitar 500 peserta perwakilan dari petugas kesehatan dari 36 Puskesmas, RSUD Berkah, PT. Askes, dan para pegawai di lingkungan Dinas Kesehatan Kabupaten Pandeglang serta masyarakat umum.
“Acara dilanjutkan resepsi sekaligus penyerahan hadiah berbagai perlombaan, serta penarikan doorprice memperebutkan bermacam-macam hadiah, Penganugerahan tenaga kesehatan terbaik tingkat Kabupaten Pandeglang, Pentas Seni dan Budaya serta Hiburan,” kata dr. Firmansyah.
Fokus JKN 2014
Bupati Pandeglang H. Erwan Kurtubi yang berkesempatan hadir dan memberikan sambutan berharap  jajaran kesehatan memegang komitmennya untuk menyehatkan masyarakat Pandeglang. Dia juga mengajak jajaran kesehatan untuk fokus dalam menyongsong dimulainya pelaksanaan JKN pada 1 Januari 2014.
Didampingi Asda Bidang Ekbang Setda Pandeglang H. Iskandar dan sejumlah kepala Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD)  lainnya, Bupati Erwan juga menyampaikan apresiasi tinggi untuk semua jajaran kesehatan, khususnya yang mengabdi di daerah terpencil, atas pengabdiannya untuk pembangunan kesehatan demi meningkatkan kesehatan masyarakat.
Kehadiran Bupati beserta jajaran Pemkab Pandeglang disuguhi tontonan menarik diantaranya rampak beduk, aksi teatrikal bidan Puskesmas Mandalawangi dan hiburan lainnya.
Sementara itu Kepala Dinkes Pandeglang H. Deden Kuswan menegaskan HKN untuk tahun ini mengusung sub tema Menuju Indonesia Sehat dan Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) yang Bermutu. “Tema ini untuk memaknai dimulainya pelaksanaan Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) pada 1 Januari 2014,” jelasnya.
Melalui tema tersebut lanjut Deden, diharapkan semua pihak termasuk tenaga kesehatan dan fasilitas kesehatan dapat berbenah serta mempersiapkan diri untuk memberikan pelayanan yang terbaik melalui kemudahan akses dan mutu layanan kepada masyarakat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar