20 Agu 2014

Dinkes Pandeglang Gelar Penguatan Kemitraan dengan MUI


DINAS Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Pandeglang menggelar pertemuan kemitraan dengan Organisasi (Ormas) Keagamaan ditingkat Kabupaten dan kecamatan.
Rangkaian kegiatan penguatan kemitraan dengan ormas tingkat Provinsi Banten tersebut bakal mengundang peserta Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) di lima kecamatan yakni MUI Kecamatan Sindangresmi, Perdana, Cibitung, Angsana dan MUI Kecamatan Picung serta peserta koordinator Promosi Kesehatan (Promkes) Puskesmas di 5 kecamatan itu.
Kepala Bidang Sumberdaya Kesehatan Dinkes Pandeglang dr. H. Kodiat Juarsa, M.Kes mengatakan, tujuan pertemuan kemitraan yang akan dilaksanakan di Kharisma Hotel Labuan mulai Rabu-Kamis (20-21/8/2014) itu yakni kerjasama meningkatkan upaya promosi kesehatan dan pemberdayaan masyarakat dalam mewujudkan kemandirian masyarakat untuk hidup bersih dan sehat.
“Adapun fokus kegiatan organisasi kemasyarakatan meliputi Promosi Kesehatan dan Pemberdayaan Masyarakat di lingkungan tempat ibadah, sekolah dan pesantren dalam berperilaku hidup bersih dan sehat serta Desa Siaga Akti,” katanya, Selasa (19/8). 
Kerjasama ini merupakan inisiasi kemitraan dengan berbagai kelompok potensial untuk membangun komitmen dan kerjasama aktif dalam pembangunan yang didukung oleh Dinkes Provinsi Banten.
Kodiat menjelaskan, kemitraan dalam pembangunan kesehatan telah diatur dalam UU No. 36 Tahun 2009 tentang Kesehatan, yaitu setiap orang berkewajiban ikut mewujudkan, mempertahankan dan meningkatkan derajat kesehatan masyarakat setinggi-tingginya.
“Selain itu, setiap orang berkewajiban menjaga dan meningkatkan derajat kesehatan bagi orang lain yang menjadi tanggung jawabnya dan masyarakat diharapkan aktif, baik secara perseorangan maupun terorganisasi dalam segala bentuk dan tahapan pembangunan kesehatan dalam rangka membantu mempercepat pencapaian derajat kesehatan masyarakat yang setinggi-tingginya,” katanya.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar