28 Agu 2014

Peran Ormas Dalam Menyehatkan Masyarakat

PERMASALAHAN kesehatan dipengaruhi oleh multisektor dan disparitas antar daerah dirasakan semakin komplek, membutuhkan penanganan komperehensif mulai dari hulu sampai hilir. Pada bagian lain Pemerintah memiliki tanggungjawab yang harus dilaksanakannnya yang meliputi tanggungjawab untuk merencanakan , mengatur, menyelenggarakan,  membina, dan  mengawasi penyelenggaraan upaya kesehatan yang merata dan terjangkau.
Untuk hal tersebut Pemerintah tidak mungkin bekerja sendirian, oleh karenanya pemerintah perlu mendorong peran aktif masyarakat, swasta, termasuk organisasi kemasyarakatan (Ormas) untuk bekerja dalam segala bentuk upaya kesehatan.
Dengan latar belakang tersebut diatas upaya Promosi Kesehatan (Promkes) menjadi sangat strategis dalam mendorong peran serta masyarakat dalam bidang kesehatan. Hal itu mengingat Promosi Kesehatan dalam program kegiatannya memiliki  prinsip-prinsip diantaranya Perubahan Perilaku, Perubahan Sosial, Pengembangan Kebijakan, Pemberdayaan, Partisipasi Masyarakat dan Membangun Kemitraan.
Promosi kesehatan mencakup mencakup didalamnya kegiatan membangun kemitraan untuk memperoleh dukungan sumberdaya bagi terwujudnya sarana prasarana guna memfasilitasi  perilaku hidup sehat masyarakat.
“Peran Organisasi Masyarakat yang diwakili Majelis Ulama Indonesia (MUI) Pandeglang melalui Kemitraan  ini sangat diharapkan dalam upaya menyehatkan masyarakat, karena organisasinya memiliki peran sampai ke akar rumput,” terang Kepala Seksi promosi Kesehatan Dinkes Pandeglang Yudi Hermawan, SKM disela acara pertemuan penguatan kemitraan dengan Ormas MUI bagi lima kecamatan terpilih se Kabupaten Pandeglang, beberapa waktu lalu.
MoU Kemenkes dengan Ormas dan Dunia Usaha
Yudi mengatakan, kegiatan Pertemuan Penguatan Kemitraan dengan Organisasi Masyarakat dalam Peningkatan PHBS di  Kabupaten Pandeglang dilaksanakan  dalam upaya memperoleh dukungan komitmen serta adanya peran aktif Organisasi Masyarakat dalam mencapai tujuan pembangunan kesehatan di Kabupaten Pandeglang, Provinsi Banten.
 “Pertemuan Penguatan Kemitraan dengan Organisasi Masyarakat dalam Peningkatan PHBS dilaksanakan berjenjang dengan melalui  tahapan mulai dari tingkat Provinsi, Kabupaten, kecamatan sampai ke tingkat desa,” jelasnya.
 Dalam pertemuan yang digelar selama dua hari itu diharapkan adanya kesepakatan kerjasama kemitraan dan peran serta organisasi kemasyarakatan dalam mengatasi permasalahan kesehatan secara komperehensif.
“Kita menargetkan tahun depan dengan adanya kemitraan dengan MUI bisa meningkatkan prosentase cakupan rumah tangga yang ber PHBS sebanyak 70 persen,” katanya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar