27 Agu 2014

Dinkes Pandeglang Menjalin Kemitraan Dengan MUI Untuk Peningkatan PHBS

PEMBANGUNAN Kesehatan bertujuan untuk meningkatkan kesadaran, kemauan, dan berkemampuan hidup sehat bagi setiap orang agar terwujud derajat kesehatan masyarakat yang setinggi-tingginya.  
Untuk mencapai tujuan tersebut upaya promosi kesehatan dan pemberdayaan masyarakat semakin terus digalakan. Hal ini dimaksudkan guna meningkatkan perilaku sehat individu, keluarga dan masyarakat  serta berperan aktif dalam setiap gerakan kesehatan masyarakat melalui upaya promosi kesehatan yang terintegrasi secara lintas program, lintas sektor, swasta maupun masyarakat.
Kepala Bidang Sumber Daya Kesehatan Dinkes Pandeglang dr. H. Kodiat Juarsa, M.Kes mengatakan, Dinas Kesehatan tidak bisa bekerja sendiri untuk mencapai tujuan pembangunan kesehatan tersebut. Hal itu karena sumberdaya kesehatan yang terbatas. “Oleh karena itu kita mengembangkan kemitraan dengan berbagai pihak termasuk dengan organisasi kemasyarakatan (ormas) keagamaan di Kabupaten Pandeglang,” kata Kodiat usai melakukan pertemuan penguatan kemitraan dengan Majelis Ulama Indonesia (MUI) Pandeglang, akhir pekan kemarin.
Dokter kelahiran 22 Agustus 1968 itu mengungkapkan, tujuan pertemuan kemitraan yang  dilaksanakan di Kharisma Hotel Labuan, Rabu-Kamis (20-21/8/) itu yakni kerjasama meningkatkan upaya promosi kesehatan dan pemberdayaan masyarakat dalam mewujudkan kemandirian masyarakat untuk hidup bersih dan sehat.
“Adapun fokus kegiatan organisasi kemasyarakatan meliputi Promosi Kesehatan dan Pemberdayaan Masyarakat di lingkungan tempat ibadah, sekolah dan pesantren dalam berperilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) serta pengembangan Desa Siaga Aktif,” katanya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar