24 Agu 2014

Sebaiknya Anda Tahu : di Bulan Agustus ada Pekan ASI

Pekan ASI (Air Susu Ibu) Sedunia diperingati di seluruh dunia setiap minggu pertama bulan Agustus. Peringatan PAS atau World Breastfeeding Week pertama kali dilaksanakan 20 tahun lalu oleh theWorld Alliance for Breastfeeding Action (WABA). Tahun ini, tema yang diangkat adalah Breastfeeding: A Winning Goal - For Life!
Sejalan dengan Pekan ASI sedunia pada bulan Agustus tahun ini yang mengambil tema Menyusui Satu Jam Pertama Kehidupan, Dilanjutkan dengan Menyusui Ekslusif Enam Bulan Menyelamatkan Lebih dari Satu Juta Bayi.
Sebagai batasan istilah ASI Ekslusif adalah hanya ASI satu-satunya makanan dan minuman yang dikonsumsi oleh bayi selama enam bulan, dan tidak diselang-seling dengan makanan dan minuman lain seperti susu formula, bubur, pisang, madu dan lainnya.
ASI oleh Allah SWT ternyata telah diciptakan sedemikian sangat tepat bagi bayi. Hebatnya, kandungan gizi ASI tidak sama setiap harinya. Hari ini komposisi ASI tak sama dengan besok dan lusa. Misalnya hari ini bayi membutuhkan 1.333 Kalori, Tuhan juga menciptakan ASI si ibu juga 1.333 Kalori. Tidak kurang dan tidak lebih. Pada waktu selanjutnya karena bayi mengalami pertumbuhan cepat dan bayi ternyata membutuhkan 3.333 Kalori, maka ASI si ibu akan berisi 3.333 Kalori, tidak kurang dan tidak lebih.
Kelebihan ASI Dibandingkan SusuFormula
Berikut ini adalah beberapa kelebihan ASI di bandingkan dengan susu formula, antara lain :
1) ASI yang keluar pada hari pertama melahirkan mengandung kolustrum, yaknicairan berwarna kekuningan dan kental karena mengandung banyak protein, vitamin A, E dan K, mineral seperti Natrium dan Zeng, serta zat kekebalan yang sangat penting untuk melindungi bayi dari infeksi dan diare. Kolustrum juga membantu mengeluarkan kotoran bayi pertama (mekonium). Kelebihan lain menurut Ali Khomsan, bayi yang memperoleh ASI juga akan mengalami insiden infeksi gastrointestinal lebih sedikit dibandingkan yang tidak di beri ASI.
2) ASI banyak mengandung taurin yang berperan sangat penting untuk proses pematangan sel-sel otak. Taurin tidak terdapat pada sus formula. Memang ada susu formula yang ditambahkan taurin walaupun kualitasnya tidak sebaik pada ASI.
3) ASI banyak mengandung DHA (Decosahexanoic) dan AA (Arachidonic Acid) yang merupakan asam lemak tak jenuh rantai panjang yang diperlukan untuk pembentukan sel-sel otak yang optimal serta menjamin pertumbuhan dan kecerdasan anak.
Menurut Depkes RI perbandigan IQ anak yang diberi ASI dan Anak yang tidak diberi ASI adalah sebagai berikut :
a) pada umur 18 bulan, anak yang diberi ASI memilki IQ 4,3 poin lebih tinggi dibandingkan anak yang tidak diberi ASI,
b) pada usia tiga tahun,anak yang diberi ASI memilki IQ 4-6 poin lebih tinggi dibandingkan anak yang tidak diberi ASI,
c) pada usia delapan setengah tahun,anak yang diberi ASI memilki IQ 8,3 poin lebih tinggi dibandingkan anak yang tidak diberi ASI.
4) ASI lebih mudah diserap dibandingkan dengan susu formula dikarenakan pada ASI memiliki perbandingan whey dan casein sebesar 63 : 35. Sedangkan sebagai contoh dapat dibandingkan dengan susu sapi yang memiliki perandingan whey dan casein sebesar 20 : 80.
5) ASI memiliki tingkat kebersihan yang lebih baik daripada menggunakan susu formula. Ternyata ASI juga memiliki zat antiinfeksi yang menyebabkan rendahnya resiko berkembangnya bakteri pada puting susu.
6) ASI mengandung berbagai antibodi untuk mengatasi pertumbuhan berbagai bakteri patogen seperti E-coli, salmonella, dan berbagai virus. Antibodi seperti immunoglobin, lysozyme atau enzim yang menghidrolisis ikatan glikosida membran/dinding sel bakteri (Wisnu Murti, 2007) pada ASI lebih banyak300 kali dibanding pada susu sapi.
7) ASI mengandung enzim penyerapan sehingga hal ini tidak akan memberatkan kerja usus bayi dalam menyerap berbagai kandungan zat gizi ASI.
Betapa pentingnya ASI bagi pertumbuhan dan perkembangan anak, maka perlu dilakukan suatu kegiatan sosialisasi yang terus menerus dan menggunakan metode dan media yang beraneka ragam sebagai bentuk upaya untuk memberikan pemahaman dan kesadaran kepada masyarakat, agar mereka mau dan mampu melakukan penyusuan pada jam pertama dan menyusui secara eksklusif selama enam bulan.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar