6 Nov 2014

Dinkes Pandeglang Sambut HKN ke-50 Dengan Baksos Kesehatan Masyarakat



Menyambut Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-50 tahun 2014, Dinas Kesehatan (Dinkes) Pandeglang menggelar bakti sosial (baksos) khitanan massal, pemasangan alat kontrasepsi IUD dan inflan gratis serta pengobatan massal  yang  akan berlangsung selama dua hari.
Kadinkes Pandeglang H. Deden Kuswan membuka secara resmi baksos kesehatan yang dipusatkan di halaman Kantor Dinkes Pandeglang, Rabu (5/11/2014).
Kadinkes Deden mengatakan, Meski HKN itu sendiri baru jatuh pada 12 November mendatang, namun panitia HKN mulai melaksanakan kegiatan rangkaian acara sejak 3 November lalu.
“Pada hari ini ada baksos sunatan massal yang dilaksanakan panitia HKN, dan pemasangan alat kontrasepsi keluarga berencana (KB) secara gratis bekerja sama dengan Badan Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (BP3AKB) Pandeglang,” kata Deden yang didampingsi Sekretaris Dinkes Hj. Asmani Raneyanti, kemarin.
Dijelaskan, pihaknya menargetkan untuk peserta khitan massal sebanyak 50 orang, pengobatan gratis 300 orang dan pemasangan KB implan 100 orang dan 50 untuk IUD,” terangnya.
Ia berharap, kegiatan yang akan berlangsung selama dua hari Rabu hingga Kamis ini bisa berjalan sukses dan memenuhi target warga yang berobat atau khitan massal.
Kata deden, Besok (Kamis hari ini) acaranya baksos pengobatan massal gratis bagi warga sekitar Pandeglang yang tidak mampu bertempat di lokasi yang sama.
Lebih lanjut Deden menjelaskan, pengobatan yang dilakukan adalah pengobatan dasar dan jika ditemukan penyakit berat maka akan dirujuk ke rumah sakit. “Pengobatan untuk pelayanan dasar, jika ada penyakit berat kita rujuk. Harapnya acara ini sukses dan bisa memenuhi target,” pungkasnya.
Sekretaris Dinkes Pandeglang Hj. Asmani Raneyanti menambahkan, rangkaian kegiatan HKN tingkat Kabupaten Pandeglang melibatkan berbagai pihak seperti TP PKK, Darma Wanita, Dinas Pemuda dan Olah Raga (Dispora), BP3AKB  dan kemitraan dengan ormas dan dunia usaha.
“Rangkaian kegiatan HKN diselaraskan dengan Panitia Hari Besar Nasional (PHBN) tingkat kabupaten yang juga akan memperingati Hari Korp Pegawai Republik Indonsia (Korpri) dan Ulang tahun Darma Wanita,” ujar Asmani yang juga sekaligus Panitia Pengarah HKN ini.
Rangkaian HKN
Ketua Pelaksana Panitia HKN ke-50 tingkat Kabupaten Pandeglang  Hj. Eniyati  mengatakan, memperingati ulang tahun emas  HKN ke-50, pihaknya menggelar berbagai kegiatan diantaranya bakti sosial, lomba-lomba dan olah raga antar pegawai di lingkungan kesehatan.
“Rangkaian kegiatan peringatan HKN sudah dimulai pada tanggal 3 November, dengan acara puncaknya pada tanggal 12 Nopember 2014 diadakan resepsi di halaman Kantor Dinkes Pandeglang,” ujarnya.
Eniyati yang juga Kepala Bidang Sumberdaya Kesehatan Dinkes Pandeglang itu mengungkapkan,  tema secara nasional HKN yakni Sehat Bangsaku, Sehat Negeriku. “ Tema HKN ini diharapkan semakin meningkatkan komitmen pemerintah daerah dan masyarakat dalam mewujudkan masyarakat  Pandeglang yang sehat,” ungkapnya.
Dia menjelaskan, salah satu tujuan memperingati event tahunan ini yakni suatu upaya menggalang dukungan komitmen pemerintah daerah, mitra kerja dan dunia usaha, organisasi kemasyarakatan maupun profesi untuk mencapai pembangunan. “HKN juga untuk mendorong masyarakat untuk menerapkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS),” tandasnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar