18 Nov 2014

Riung Mungpulung Keluarga Besar Dinas Kesehatan Berlangsung Meriah




PUNCAK peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-50 tingkat Kabupaten Pandeglang berlangsung meriah.  Ratusan bidan desa, perawat, dokter dari perwakilan Puskesmas se kabupaten Pandeglang  turut menghadiri ritual tahunan yang digelar jajaran kesehatan di lingkungan Dinas Kesehatan (Dinkes) Pandeglang pada Selasa (18/11).
Hadir dalam acara tersebut Bupati Pandeglang H. Erwan Kurtubi beserta istri, Dandim 0601 Pandeglang, Kajari Pandeglang, Asisten Daerah (Asda II) Pemkab Pandeglang H. Iskandar,  para kepala SKPD, TP PKK Pandeglang dan Darma Wanita.
Acara yang dimulai sejak pukul 08.00 WIB diawali dengan gerak jalan sehat mengelilingi kota Pandeglang. Gerak jalan dilepas Bupati Pandeglang H. Erwan Kurtubi diikuti perwakilan 36 puskesmas, SKPD di lingkungan Pemkab Pandeglang, TP PKK dan Darma Wanita serta perwakilan sekolah di seputar Kecamatan Pandeglang.
Momentum HKN yang diperingati setiap 12 November itu memang diselenggarakan jajaran kesehatan sebagai ajang silaturrahim, karena di acara inilah sebagian besar pegawai kesehatan mulai bidan desa, pegawai puskesmas hingga, jajaran RSUD  dan pegawai Dinkes berkumpul.
Oleh karena itu, peringatan HKN merupakan saat yang ditunggu setiap tahunnya, dan disambut antusias para pegawai. Berbagai rangkaian kegiatan pun digelar untuk membangun kebersamaan antar pegawai seperti gerak jalan sehat, maupun berbagai turnamen dan lomba  yang sudah dilaksanakan sebelumnya seperti futsal, senam lansia bugar, paduan suara, turnamen tenis meja, sepeda santai, dan senam massal hingga menggelar stand kesehatan pada event Pandeglang Expo 2014. “Ada juga bakti sosial khitanan massal, pemasangan inplan dan IUD gratis dan pengobatan gratis,” ujar Ketua Panitia HKN ke-50 tingkat Kabupaten Pandeglang Hj. Eniyati saat membacakan laporan Panitia Penyelenggara (Panpel) di halaman Kantor Dinkes, Selasa (18/11).
Eniyati mengungkapkan, rangkaian kegiatan peringatan HKN dimulai sejak 3 November, dengan puncak acara pada Selasa 18 Nopember 2014 diadakan ‘Riung Mungpulung’ di halaman Kantor Dinkes Pandeglang.
Bupati Pandeglang H. Erwan Kurtubi yang berkesempatan hadir dan memberikan sambutan berharap  jajaran kesehatan memegang komitmennya untuk menyehatkan masyarakat Pandeglang. Dia juga mengajak jajaran kesehatan untuk fokus dalam memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat.
Bupati Erwan juga menyampaikan apresiasi tinggi untuk semua jajaran kesehatan, baik yang  mengabdi di lingkungan kesehatan maupun bagi tenaga kesehatan yang mengabdi di luar bidang kesehatan.
Menurut Bupati penempatan pegawai dimanapun ditugaskan merupakan amanah yang harus dilaksanakan dengan sungguh-sungguh dan penuh rasa tanggung jawab sebagai pegawai Pemkab Pandeglang.
Kehadiran Bupati beserta jajaran Muspida dan Kepala SKPD Pemkab Pandeglang disuguhi tontonan menarik diantaranya pentas Tari Salam dan Rampak Beduk kesenian khas Pandeglang.
Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Pandeglang H. Deden Kuswan menuturkan, peringatan HKN  yang jatuh pada 12 November 2014 merupakan ulang tahun emas setengah abad HKN dengan tema secara nasional ‘Sehat Bangsaku Sehat Negeriku’.
“Melalui HKN diharapkan semakin meningkatkan kesadaran masyarakat bahwa menjaga diri tetap sehat jauh lebih baik dari pada mencari pengobatan saat keadaan sakit,” ujarnya.
Dia menegaskan, upaya mewujudkan Pandeglang yang sehat adalah tanggung jawab seluruh komponen masyarakat, diantaranya dengan upaya menggelorakan semangat untuk mengutamakan upaya Promotif dan preventif (peningkatan kesehatan dan pencegahan penyakit red) serta melaksanakannya dengan sungguh sungguh dan komitmen kuat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar