18 Nov 2014

Puncak Peringatan HKN ke-50 Tingkat Kabupaten Pandeglang Tahun 2014


Sehat Bangsaku Sehat Negeriku
Sehat Bangsaku Sehat Negeriku

MEMPERINGATI Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-50 tingkat Kabupaten Pandeglang tahun 2014, Bupati H. Erwan Kurtubi mengajak masyarakat untuk semakin mencintai kesehatan. Menurut Bupati Pandeglang, cinta sehat masyarakat bisa diwujudkan melalui tindakan nyata dengan melakukan gerakan hidup bersih dan sehat, menjaga lingkungan agar tetap sehat serta memanfaatkan fasilitas kesehatan agar tetap sehat.
Hal itu diungkapkan Bupati Pandeglang saat memberikan sambutan pada acara senam sehat memperingati  HKN di  Lapangam Markas Komando Distrik Militer (Makodim) 0601 Pandeglang, Selasa (4/11).
Acara senam sehat bersama Bupati Pandeglang yang diikuti seribuan peserta baik dari masyarakat, TNI, pegawai, TP PKK, Darma Wanita maupun anak sekolah dan karyawan ini digelar sekaligus rangkaian kegiatan HUT Korpri yang ke-43 dan ulang tahun Darma Wanita ke-15.
Hadir dalam acara ini, Muspida Kabupaten Pandeglang, Staf Ahli Bupati Bidang Hukum H. Cecep Juanda, Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil H. Entis Sutisna, Kepala Disperindagpas H. Fahmi Ali Sumanta, Kepala Badan Kesbangpol dan Linmas TB Safrudin, dan Kepala Dinas Pemuda dan Olah Raga (Dispora) Agus Priyadi Mustika, Kepala BP3AKB Hj. Tati Suwagiharti.
Sementara dari jajaran kesehatan hadir seluruh pegawai Dinas Kesehatan (Dinkes) Pandeglang, para Kepala Puskesmas dan staf se Kabupaten Pandeglang, Direktur RSUD Berkah Hj. Susi Badrayanti serta para mitra dan undangan.
Bupati Erwan mengatakan, aktifitas senam merupakan salah satu wujud gaya hidup sehat. Melalui HKN Bupati berharap warga dan pemerintah bersama meningkatkan komitmen dalam mewujudkan Pandeglang Sehat dengan menerapkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) dalam kehidupan sehari-hari.
Ulang Tahun Emas
Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Pandeglang H. Deden Kuswan menuturkan, peringatan HKN  yang jatuh pada 12 November 2014 merupakan ulang tahun emas setengah abad HKN dengan tema secara nasional ‘Sehat Bangsaku Sehat Negeriku’.
“Melalui HKN diharapkan semakin meningkatkan kesadaran masyarakat bahwa menjaga diri tetap sehat jauh lebih baik dari pada mencari pengobatan saat keadaan sakit,” ujarnya.
Deden mengungkapkan, salah satu upaya untuk menjaga agar tubuh tetap sehat melalui aktifitas fisik/berolah raga secara teratur, menghindari merokok serta makan buah dan sayuran setiap hari.
“Upaya mewujudkan Pandeglang yang sehat adalah tanggung jawab seluruh komponen masyarakat, diantaranya dengan upaya menggelorakan semangat untuk mengutamakan upaya Promotif dan preventif (peningkatan kesehatan dan pencegahan penyakit red) serta melaksanakannya dengan sungguh sungguh dan komitmen kuat,” tandasnya.
Ketua Panitia Pelaksana (Panpel) HKN ke-50 tingkat Kabupaten Pandeglang Hj. Eniyati mengatakan, diantara tujuan memperingati event tahunan ini yakni upaya menggalang dukungan komitmen pemerintah daerah, mitra kerja dan dunia usaha, organisasi kemasyarakatan maupun profesi untuk mencapai pembangunan kesehatan di Kabupaten Pandeglang.
“Tema lokal HKN Pandeglang tahun ini menggalakan kegiatan kampanye peduli kesehatan ibu,” kata Eniyati yang juga Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan Khusus (Yankesus) Dinkes Pandeglang itu.
Melalui tema itu, Ketua IBI Kabupaten Pandeglang ini juga berharap semua pihak  bergerak untuk bersama menggerakan masyarakat untuk lebih sadar menjaga kesehatan ibu, serta mencegah kematian ibu dan bayi sebagai bagian dari PHBS di rumah tangga.
Lebih Meriah
Wakil Ketua Panpel HKN Pandeglang Yudi Hermawan, SKM mengatakan, peringatan HKN tahun ini dilaksanakan lebih meriah dan banyak melibatkan publik. “Masyarakat dan SKPD ikut terlibat dan turut memanfaatkan pelayanan kesehatan,” katanya.
Untuk memeriahkan dan kebersamaan antar jajaran kesehatan, lintas sektor dan masyarakat, Panitia penyelenggara HKN menggelar berbagai acara seperti turnamen futsal, senam lansia bugar, paduan suara, turnamen tenis meja, sepeda santai, dan senam sehat hingga menggelar stand kesehatan pada event Pandeglang Expo 2014. “Ada juga bakti sosial khitanan massal, pemasangan inplan dan IUD gratis dan pengobatan gratis,” ujar Kepala Seksi Promkes ini.
Dia menguraikan, acara lainnya yang sudah dilaksanakan yakni lomba balap karung, balap kelereng, makan kerupuk, lomba tarik tambang maupun lomba memindahkan belut.
Sekretaris Panpel Denny Pratidina mengatakan, rangkaian kegiatan peringatan HKN dimulai sejak 3 November, dengan puncak acara pada Selasa 18 Nopember 2014 diadakan resepsi di halaman Kantor Dinkes Pandeglang.
“Puncak acara HKN akan digelar resepsi dengan diawali gerak jalan sehat, lomba kostum, lomba tumpeng, dan pentas seni dan hiburan, serta ada pembagian door frize, hadiah, penghargaan dan tropi/piala bagi para juara,” katanya.
Berikut nama-nama instansi yang berhasil menjadi juara lomba, yakni BRI Pandeglang menjadi juara 1 turnamen futsal, juara 2 Puskesmas Cibitung. Senam lansia bugar juara 1 Puskesmas Labuan, juara 2 Puskesmas Picung. Paduan suara lansia juara 1 Puskesmas Majasari, Juara 2 Puskesmas Pandeglang. Tenis Meja Putra Juara 1 Puskesmas Sindangresmi, Juara 2 Puskesmas Cimanuk. Tenis Meja Putri Juara 1 Puskesmas Cipeucang, juara 2 Puskesmas Sobang. Lomba balap karung Juara 1 Puskesmas Pagelaran, juara 2 Puskesmas Saketi. Lomba balap kelereng juara 1 Puskesmas Bangkonol, juara 2 Puskesmas Pandeglang. Lomba makan kerupuk juara 1 Puskesmas Majasari, juara 2 Puskesmas Pandeglang. Lomba tarik tambang juara 1 Puskesmas Sobang, juara 2 Puskesmas Majasari. Lomba memindahkan belut juara 1 Puskesmas Cipeucang, juara 2 Puskesmas Cisata.
Denny menambahkan, Bupati Pandeglang H. Erwan Kurtubi dan Wakil Bupati Hj. Heryani beserta sejumlah pejabat Pemkab Pandeglang berencana hadir dalam puncak acara HKN yang juga mengundang mitra utama/sponsorship seperti BPJS Kesehatan, BRI Pandeglang, BJB Pandeglang serta Koperasi Palang Hijau Warga Kesehatan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar