23 Agu 2011

Dinkes Siagakan Posko Puskesmas 24 Jam


Hadapi Situasi Khusus Mudik  lebaran
Dinkes Siagakan Posko Puskesmas 24 Jam

DINAS Kesehatan (Dinkes) Pandeglang telah menginstruksikan Puskesmas yang berada di jalur mudik diantaranya Puskesmas Cadasari, Pagadungan, Pandeglang, Kaduhejo, Cimanuk, Cipeucang, Saketi, Cisata, Menes, Labuan, Carita, Panimbang, Sobang, Cigeulis, Cibaliung, Cimanggu dan Puskesmas Sumur  untuk memberikan pelayanan Posko Kesehatan  24 jam.
Hal itu dimaksudkan dalam rangka antisipasi kejadian penyakit dan kecelakaan serta keadaan kegawatdaruratan saat arus mudik sebelum lebaran maupun arus balik.
Menurut Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Pandeglang H. Iskandar, jadwal pelayanan Puskesmas tersebut mulai efektip dioperasikan terhitung tanggal 23 Agustus 2011 (H-7) hingga 8 September 2011 (H+7) dengan kelengkapan Posko Kesehatan terdiri dari piket tenaga medis dan paramedis,  persediaan perbekalan kesehatan (alat dan obat-obatan) serta kendaraan rujukan ambulans.
“Menghadapi Idul Fitri 1432 H kita sudah melakukan kesiapsiagaan situasi khusus mudik lebaran tahun 2011 dengan menyiagakan mobilisasi kegawatdaruratan dan rencana evakuasi medik untuk antisipasi kecelakaan dan kondisi darurat yang dipusatkan di Posko Kesehatan masing-masing Puskesmas,” kata Iskandar, Senin (22/8).
Dia mengungkapkan, selama arus mudik dan arus balik mudik lebaran seluruh Puskesmas akan difungsikan sebagai Posko kesehatan. Karenanya, pihak Dinkes juga telah mengimbau Puskesmas membuat spanduk “Posko Kesehatan” dan dipasang di tempat yang strategis sebagai media informasi bagi masyarakat yang membutuhkan pelayanan kesehatan.
“Selain Posko Puskesmas kita akan mendirikan Posko Gabungan dengan dinas instansi lain yaitu di Alun alun Timur Pandeglang, Posko Gabungan Pertigaan Mengger,  serta Posko Kesehatan di beberapa titik lokasi keramaian dan berkumpulnya massa dalam jumlah besar seperti pasar, terminal, tempat hiburan dan pariwisata maupun tempat-tempat pemberhentian kendaraan bus pemudik,” katanya.
Ditambahkan, Dinkes juga telah meminta Puskesmas segera mengirimkan laporan yang terkait dengan arus mudik secara intensif melalui sms ke nomor 0813 1602 6987 atau 0877 7216 4983 baik laporan harian kejadian penyakit maupun korban kejadian insiden (kecelakaan red) dalam rangka pengamanan arus mudik dan lebaran.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar