22 Agu 2011

Kadinkes Iskandar Ajak Warga Budayakan Pemberian Air Susu Ibu


Pekan ASI Sedunia 2011-KEPALA Dinas Kesehatan (Kadinkes) Pandeglang H. Iskandar mengajak  warga masyarakat khususnya ibu baru melahirkan untuk memberikan air susu ibu (ASI) saja kepada bayinya selama enam bulan (Eksklusif). Pemberian ASI secara Eksklusif menurut Iskandar, selain ASI murah, banyak manfaat kesehatan yang diperoleh ibu maupun bayinya dari menyusui. Selain itu ASI mudah diperoleh karena melekat pada diri seorang ibu.
Ajakan itu disampaikan Iskandar disela-sela kegiatan Seminar dalam rangka Pekan ASI sedunia tingkat kabupaten yang digelar di Pendopo Pandeglang, Kamis (4/8).
Peringatan Pekan ASI Dunia tersebut dihadiri ratusan peserta dari berbagai lapisan masyarakat. Hadir dalam seminar yang diprakarsai Forum Organisasi Profesi Kesehatan Indonesia (FOPKI) Kabupaten Pandeglang itu, Bupati dan Wakil Bupati Pandeglang, Sekretaris Daerah, para Assisten Daerah, Ketua TP PKK Pandeglang dan sejumlah Pejabat Struktural di lingkungan Pemkab Pandeglang serta peserta undangan dari unsur ormas, organisasi profesi maupun tokoh masyarakat dan media massa.
FOPKI Pandeglang juga menghadirkan sejumlah nara sumber dan bintang tamu untuk mengkampanyekan manfaat dan pentingnya ASI. Menurut Iskandar, acara seminar ini merupakan salah satu kegiatan memperingati Pekan ASI Sedunia yang jatuh pada 1 Agustus lalu. “Selain mendapatkan pengetahuan baru tentang pentingnya ASI bagi tumbuhkembang anak, para peserta juga bisa mengajukan pertanyaan dan berkonsultasi seputar pemberian ASI. Intinya adalah ASI makanan terbaik bayi dan tiada bandingannya,”tegasnya.
Mari kita bantu
Lebih jauh Iskandar menjelaskan, Pekan ASI sedunia merupakan suatu gerakan yang dilaksanakan secara serentak di seluruh dunia pada setiap pekan pertama di bulan Agustus. “Tujuan Pekan ASI adalah agar setiap negara dan masyarakat secara terus- menerus memberikan dukungan atas upaya untuk membantu ibu agar menyusui bayi mereka,” jelasnya.
Sementara Tema pekan ASI sedunia kali ini yang diusung secara nasional adalah “Katakan Padaku, Menyusui Menakjubkan – Mari Kita Bantu”.
Pada kesempatan itu Iskandar juga mengingatkan pemberian ASI eksklusif di kalangan ibu-ibu di Pandeglang masih harus terus ditingkatkan. Dia mengatakan pemerintah daerah akan berusaha terus meningkatkan cakupan ibu yang menyusui.