22 Agu 2011

Warga Diimbau Waspadai Diare

PANDEGLANG - Kepala Bidang Penanggulangan Penyakit dan Penyehatan Lingkungan (P2PL) Dinas Kesehatan (Dinkes) Pandeglang Asmani Raneyanti mengimbau masyarakat mewas­padai penyakit diare dan campak. Kata dia, dua ma­salah kesehatan itu berpotensi terjadi di bulan ini, karena ke­marau dan pola ma­kan yang tidak teratur.
“Kami me­ne­nggarai se­lama bu­lan ini bakal ba­nyak warga yang ter­­jangkit diare dan campak,” kata Asmani usai rapat koordinasi pencegahan penyakit menular di kantor Dinkes Pandeglang, Selasa (16/8).
Menurutnya, Dinkes telah me­lakukan antisipasi ancaman pe­nyakit ini, dengan cara op­timalisasi pelayanan kesehatan, pos kesehatan desa (poskesdes), puskesmas pembantu (Pustu), dan puskesmas. Kata Asmani, pihaknya juga telah melayangkan surat edaran Nomor 801/P2PL-311/Kes-VIII/2011, tanggal 1 Agustus 2011 tentang imbauan menjaga kesehatan lingkungan yang ditujukan kepada para camat dan kepala puskesmas se-Kabupaten Pan­deg­lang. “Selain men­jaga kesehatan lingkungan, diare dan campak juga bisa dicegah dengan cara meningkatkan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS),” papar Asmani.
Kepala Dinkes Kabupaten Pan­deglang Iskandar me­nyarankan, agar petugas kesehatan di tingkat desa proaktif dalam menyam­paikan informasi kesehatan. “Kami telah menyiagakan tim gerak cepat (TGC) untuk untuk mencegah terjadinya masalah kesehatan,” katanya.
Dihubungi melalui telepon se­luler, Camat Panimbang Anwari Husnira membenarkan perihal telah keluarnya surat imbauan untuk menjaga kesehatan masyarakat. Anwari berjanji akan menindaklanjuti surat tersebut dengan cara mensosialisasikan­nya kepada masyarakat. (zis/fau/mzn)

Sumber : HU Radar Banten



Tidak ada komentar:

Posting Komentar