26 Agu 2011

Fasilitas Kesehatan Puskesmas Bangkonol Berbenah Layani Jampersal


MENYAMBUT Program Jaminan Persalinan (Jampersal) yang telah berlaku sejak 1 Mei 2011, fasilitas kesehatan di Puskesmas Bangkonol Kecamatan Koroncong Kabupaten Pandeglang kini membuka pelayanan persalinan 24 jam di Puskesmas. Dengan demikian ibu hamil (bumil) yang hendak melahirkan dan memanfaatkan Program Jampersal sudah bisa ditangani di Puskesmas.
Kepala Puskesmas Bangkonol Hj. Umbiyati mengatakan, sebelum digulirkan program Jampersal, pelayanan persalinan disebar di seluruh desa yang sudah ditempati bidan desa.  “Sekarang kita sudah menyiapkan ruangan khusus untuk persalinan di Puskesmas dengan petugas jaga para bidan yang bertugas secara bergantian selama 24 jam,” tutur Hj. Umbiyati.
Diungkapkan, hingga kini pihaknya terus menyosialisasikan manfaat Program Jampersal kepada masyarakat  diantaranya pemeriksaan kehamilan dan persalinan gratis yang dilakukan di fasilitas kesehatan (Poskesdes, bidan desa dan Puskesmas). “Masyarakat mungkin belum terbiasa melahirkan di Puskesmas Bangkonol, tapi kita terus berbenah meningkatkan pelayanan kesehatan ibu dan anaknya, termasuk menyiapkan kendaraan ambulans untuk rujukan ke rumah sakit bagi ibu hamil dan bersalin dengan resiko tinggi maupun kasus melahirkan dengan penyulit dan komplikasi,” katanya.
Dia berharap, kedepan kebiasaan ibu hamil melahirkan di rumah perlahan berubah dengan disediakannya fasilitas tambahan persalinan di Puskesmas Bangkonol yang dirintisnya. “Upaya ini untuk menurunkan angka kematian ibu dan bayi, karena bersalin di fasilitas kesehatan ibu melahirkan akan lebih terjamin keselamatannya,” katanya menambahkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar