23 Agu 2011

Mulai Selasa (H-7) Puluhan Pos Kesehatan Disiagakan Hingga H+7


MENGHADAPI situasi khusus mudik dan Idul Fitri 1432 H, Dinas Kesehatan (Dinkes) Pandeglang mengoperasikan sedikitnya 40 Pos Kesehatan guna melayani pemudik dan warga setempat yang membutuhkan pelayanan kesehatan.
Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Pandeglang H. Iskandar mengungkapkan, sebanyak 36 Puskesmas se Pandeglang siap difungsikan sebagai Posko Kesehatan mulai 23 Agustus 2011 (H-7) sampai dengan 8 September 2011 (H+7) dengan menempatkan petugas jaga baik medis maupun paramedis yang dilengkapi alat perbekalan kesehatan dan ambulan.
“Menghadapi Idul Fitri 1432 H kita sudah melakukan kesiapsiagaan situasi khusus mudik lebaran tahun 2011 dengan menyiagakan mobilisasi kegawatdaruratan dan rencana evakuasi medik untuk antisipasi kecelakaan dan kondisi darurat yang dipusatkan di Posko Kesehatan Puskesmas setempat,” kata Iskandar, Senin (22/8).
Selain itu, Dinkes juga sudah siap menempatkan tim kesehatannya diempat titik Posko Gabungan Pengamanan Lebaran bersama kepolisian dan Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informasi (Dishubkominfo) serta Palang Merah Indonesia (PMI) yakni seputar Alun-alum Timur Kota Pandeglang, Pertigaan Mengger, Terminal Tarogong dan sekitar obyek wisata matahari Pantai Carita.
“Kalau dibutuhkan di lapangan, tidak menutup kemungkinan Posko Kesehatan akan didirikan Puskesmas di beberapa titik lokasi keramaian dan berkumpulnya massa dalam jumlah besar seperti pasar, tempat hiburan dan pariwisata lainnya maupun tempat-tempat konsentrasi massa/pemberhentian kendaraan bus pemudik,” katanya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar