16 Feb 2013

Dinkes Sosialisasikan Program BOK 2013



 MENGHADAPI awal tahun anggaran 2013, program terobosan Kementerian Kesehatan RI (Kemenkes) yakni bantuan operasional kesehatan (BOK) kembali gencar disosialisasikan. Hal itu dimaksudkan agar tujuan sasaran BOK bisa dicapai secara optimal. Untuk tahap awal, kali ini sosialisasi ditujukan pengelola kepada petugas Puskesmas se Kabupaten Pandeglang.
Memurut Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan Khusus (Yankesus) Dinkes Pandeglang Dr. Kodiat Juarsa, pemanfaatan program BOK tahun 2013 diprioritaskan pada kegiatan yang berdaya ungkit tinggi untuk pencapaian indikator Millennium Development Goals (MDGs) bidang kesehatan diantaranya penurunan angka kematian ibu dan bayi, peningkatan status gizi masyarakat, penanggulangan penyakit serta meningkatkan akses sanitasi dasar.
“Sebagian besar target MDGs diperkirakan akan tercapai pada tahun 2015, tetapi memang masih terdapat beberapa target yang memerlukan upaya lebih keras untuk mencapainya, yaitu
penurunan angka kematian ibu, penurunan angka sebaran HIV/AIDS, dan akses air bersih yang terjangkau bagi masyarakat,” ujar Kodiat disela-sela pertemuan sosialisasi BOK tingkat Kabupaten Pandeglang, Kamis (31/1) akhir pekan kemarin.
Oleh karenanya program BOK diharapkan bisa memacu kinerja pelayanan kesehatan di tingkat lapangan. Dia mengatakan, hasil capaian program sampai saat ini akan terus dipertahankan dan lebih ditingkatkan dengan pelaksanaan BOK 2013. “Semua kegiatan BOK dikonsentrasikan untuk memperkuat kegiatan pelayanan kesehatan di lapangan oleh Puskesmas,” kata Kodiat yang juga Ketua Sekretariat BOK Kabupaten Pandeglang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar