9 Feb 2013

Gedung Poskesdes Banjarsari Diresmikan



Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM) Mandiri Perdesaan sangat dirasakan bermanfaat, khususnya oleh warga Desa Banjarsari Kecamatan Kaduhejo. Sebab, belum lama ini di wilayah Desa Banjarsari dibangun fasilitas kesehatan yakni Pos Kesehatan Desa (Poskesdes) melalui bantuan PNPM itu. Apalagi letak desa tersebut relatif jauh dari pusat kesehatan masyarakat (Puskesmas) di Kecamatan Kaduhejo.
“Dengan adanya program PNPM bisa membangun Poskesdes tersebut, dapat mempermudah akses masyarakat di Desa Banjarsari dan sekitarnya terhadap pelayanan kesehatan dasar, terutama kesehatan ibu dan anak,” ujar Kepala Puskesmas Kecamatan Kaduhejo Hj. Nining Setianingsih, usai peresmian gedung Poskesdes di Kampung/Desa Banjasari, Rabu (6/2) kemarin.
Dijelaskan, Poskesdes merupakan salah satu upaya kesehatan bersumber daya masyarakat (UKBM) yang dibentuk di desa dalam rangka menyediakan pelayanan kesehatan dasar masyarakat. “Sebagai wahana peran aktif masyarakat di bidang kesehatan, Poskesdes yang dibangun atas keinginan dan kebutuhan masyarakat mudah-mudahan bisa dimanfaatkan lebih optimal oleh warga sekitar,” katanya.
Untuk melayani warga desa yang ingin mendapatkan pelayanan kesehatan di Poskesdes, ungkap Nining telah ditempatkan dua orang bidan desa (Bides). Selain itu dia juga berharap partisipasi warga dan tokoh masyarakat dapat meningkat untuk mendukung kemitraan antara bidan dengan paraji dalam rangka pertolongan persalinan yang aman.
.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar