10 Feb 2013

Yudi, "BOK Perkuat Upaya Promosi Kesehatan di Puskesmas"



UPAYA promosi peningkatan kesehatan (promotif) dan pencegahan penyakit (preventif) adalah pilar utama masyarakat sehat. Oleh karena itu, upaya promosi kesehatan, pencegahan penyakit, deteksi dini dan pengobatan segera harus diutamakan.
“Ada ungkapan mencegah lebih baik dari pada mengobati yang mengandung makna bahwa upaya meningkatkan dan memelihara kesehatan serta mencegah timbulnya masalah kesehatan atau penyakit jauh lebih mudah, lebih murah dan dapat dilakukan oleh seluruh lapisan masyarakat,” tutur Kepala Seksi Promosi Kesehatan Dinkes Pandeglang Yudi Hermawan, SKM disela-sela asistensi program Bantuan Operasional Kesehatan (BOK) bagi kepala Puskesmas, Rabu (6/2) kemarin.
Dia mengatakan, peran Puskesmas dan jaringannya, didukung Upaya Kesehatan Berbasis Masyarakat (UKBM) sangat penting dalam menggerakkan masyarakat agar melakukan berbagai upaya pencegahan. 
Terlebih diakui Yudi pemerintah pusat telah menyediakan dukungan biaya untuk upaya pelayanan kesehatan yang bersifat promotif dan preventif bagi masyarakat sejak tiga tahun lalu melalui BOK.
“Melalui BOK ini kita akan semakin meningkatkan akses dan pemerataan pelayanan kesehatan masyarakat melalui kegiatan promotif dan preventif di tingkat Puskesmas untuk mendukung tercapainya target MDGs Bidang Kesehatan pada tahun 2015,” tandasnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar