14 Sep 2014

Dinkes Imbau Warga Jaga Kesehatan Mata



OPERASI katarak merupakan salah satu solusi untuk mencegah kebutaan bagi menderita gangguan penglihatan akibat kekerutan pada lensa mata. Hal itu mengapa Dinkes Pandeglang melakukan bakti social operasi katarak missal yang digelar di Puskesmas Panimbang, beberapa waktu lalu.
Kepala Seksi Pelayanan Kesehatan Dasar Dinkes Pandeglang Raden Dede Suryanata Permana mengatakan, pada penderita katarak jalan operasi perlu dilakukan jika tidak katarak dapat mengakibatkan kebutaan. “Program kami di Puskesmas secara rutin melakukan penjaringan untuk menemukan penderita katarak, yang nantinya bagi keluarga tidak mampu bisa dilakukan operasi gratis,” katanya, ditemui di Kantor Dinkes, Rabu (10/9).
Bagi yang telah dilakukan operasi katarak di Puskesmas Panimbang, Dede mengharapkan agar melakukan control ulang yakni sehari setelah operasi (H+1), dan sepekan setelah operasi di Puskesmas terdekat.
“Selanjutnya pasca operasi pasien akan dipantau petugas kesehatan setempat dan kalau ada keluhan silahkan konsultasi  ke Puskesmas terdekat,” jelasnya.
Ia  mengimbau masyarakat untuk menjaga kesehatan mata dan memperhatikan gejala katarak pada mata yang ditandai dengan pandangan yang mulai kabur dan silau, serta pada bagian mata pupil terlihat warna abu-abu atau keputihan. “Gejala tersebut semakin lama akan semakin bertambah mengganggu penglihatan kita,” tandasnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar