30 Sep 2014

dr. Tri Agus Yuarsa : 70 Persen Perokok Ingin Berhenti, Tetapi....


Spesialis Paru Rumah Sakit Umum (RSU) Banten dr. Tri Agus Yuarsa, S.Ik,Sp.P,M.Kes  mengungkapkan sebanyak 70 persen perokok pada dasarnya berkeinginan kuat untuk berhenti merokok, karena alasan merokok sangat mengganggu kesehatan.
Namun demikian, dari jumlah tersebut hanya sepertiganya yang mencoba untuk berhenti merokok tiap tahun dan hanya 5% -10% yang dapat berhenti sendiri tanpa bantuan.
Pernyataan tersebut terungkap dalam Seminar
Sehari 'Bahaya Merokok' yang digagas Seksi Promosi Kesehatan Dinkes Pandeglang di Hotel Sofyan Inn Altama, Pandeglang, Selasa (30/9/2014).
dr. Tri Agus Yuarsa yang menjadi pembicara pertama seminar mengatakan, perokok dewasa pada umumnya sangat sadar akan bahaya dari merokok.
Selain menimbulkan sejumlah gejala kurang baik bagi kesehatan, merokok juga menjadi penyebab kematian paling tinggi di dunia. Dampak dari merokok, kata dia tidak hanya merugikan bagi para pengguna, tetapi juga merugikan lingkungan sekitarnya,” paparnya dihadapan ratusan peserta seminar yang terdiri dari beragam kalangan di Pandeglang tersebut.
Ketua Panitia Penyelenggara, dr. H. Kodiat Juarsa, M.Kes mengatakan, seminar bahaya rokok secara umum ditujukan guna meningkatkan pengetahuan masyarakat mengenai Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) terutama tentang bahaya merokok, serta diharapkan peserta menyampaikan kembali hasil seminar tentang bahaya rokok kepada masyarakat luas.
“Secara khusus peserta seminar diharapkan mengetahui tentang bahaya rokok, mengetahui dan mengerti tentang bahaya rokok dari sudut pandang agama, dan memahami perlunya Kawasan Tanpa Rokok untuk mencegah bahaya rokok,” kata Kodiat yang juga Kepala Bidang Sumberdaya Kesehatan Dinkes Pandeglang itu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar