23 Sep 2014

Promkes Perkuat Paradigma Sehat di Puskesmas



TUJUAN pelayanan kesehatan yang diselenggarakan oleh puskesmas adalah untuk mendukung tercapainya tujuan pembangunan kesehatan yakni meningkatkan kesadaran , kemauan dan kemampuan hidup sehat. Untuk mencapai tujuan tersebut setidaknya puskesmas telah melakukan 6 upaya kesehatan wajib  atau yang lebih popular dengan istilah ‘Basic Six’ yakni upaya promosi kesehatan, kesehatan lingkungan, kesehatan ibu dan anak serta keluarga berencana, perbaikan gizi masyarakat, pencegahan dan pemberantasan penyakit menular serta upaya pengobatan.
Kepala Seksi Promosi Kesehatan Dinkes Pandeglang Yudi Hermawan mengatakan, persepsi sebagian besar masyarakat masih menganggap Puskesmas hanya sebagai penyedia pengobatan bagi orang sakit saja atau sebagai fasilitas orang sakit.
“Paradigma sehat yang selalu mengutamakan pendekatan promotif-preventif  (peningkatan dan pencegahan red) masih sangat perlu ditingkatkan pelayanannya di Puskesmas,” katanya usai menjadi fasilitator pelatihan promosi kesehatan bagi tenaga Puskesmas, akhir pekan kemarin.
Menurut Yudi, idealnya peran Puskesmas sebagai penyedia layanan kesehatan primer yang mampu menggeser paradigma sakit yang ada dengan mengedepankan paradigma sehat.
“Dan itu berarti harus ada penguatan layanan promotif dan preventif di Puskesmas,” tandasnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar