30 Sep 2014

Ratusan Peserta Hadiri Seminar Sehari Bahaya Rokok




Ratusan peserta dari berbagai kalangan menghadiri acara Seminar Sehari Bahaya Rokok yang digelar Dinas Kesehatan (Dinkes) Pandeglang di  Hotel Sofyan Inn ALTAMA  Jl. Raya Serang Km. 3 Pertigaan Cigadung, Pandeglang, Selasa (30/9/2014).
Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Pandeglang H. Deden Kuswan membuka seminar yang menghadirkan tiga nara sumber yakni spesialis paru dr. Tri Agus Yuarsa, S.Ik,Sp.P,M.Kes dari RSU Banten,  DR. Rohani Budi Prihatin, M.Si dari Pusat Pengkajian, Pengolahan Data dan Informasi (P3D) Setjen DPR RI dan Ketua MUI Banten KH. Abdul Wahid Sahari, MA.
Sementara peserta yang hadir seratusan peserta dari berbagai kalangan diantaranya delegasi dari Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) dilingkungan Pemkab Pandeglang, Kantor Kemenag Pandeglang, Majelis Ulama Indonesia (MUI), Polres Pandeglang, Dandim Pandeglang, Pimpinan/Dosen Perguruan Tinggi, NGO Harfa, Pimpinan Bank BNI, BJB, BRI, BSM, Ketua Organisasi Profesi  IDI, IBI, PPNI, Mahasiswa, para guru dan pelajar serta  mengundang peserta dari perwakilan media massa cetak, media elektronik maupun online yang tergabung dalam Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Pandeglang.
Dalam sambutannya Kadinkes H. Deden Kuswan mengatakan pentingnya perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat. “Salah satu perilaku hidup bersih dan sehat yang sangat berpengaruh terhadap kesehatan masyarakat adalah kebiasaan merokok di dalam ruangan,” ujarnya.
Dia mengungkapkan, bahaya merokok terhadap kesehatan tubuh telah diteliti dan dibuktikan banyak orang. Begitupun efek-efek yang merugikan akibat merokok pun sudah diketahui dengan jelas. “Banyak penelitian membuktikan kebiasaan merokok meningkatkan risiko timbulnya berbagai penyakit seperti penyakit jantung dan gangguan pembuluh darah, kanker paru-paru, kanker rongga mulut, kanker laring, kanker osefagus, bronkhitis, tekanan darah tinggi, impotensi serta gangguan kehamilan dan cacat pada janin,” katanya.
Usai pembukaan Kadinkes Pandeglang H. Deden Kuswan memberikan poster bergambar “Tubuh Seorang Perokok” secara simbolis kepada perwakilan peserta dari SKPD Bagian Hukun Setda Pandeglang Hj. Enok Zaitun.
Ketua Panitia Penyelenggara, dr. H. Kodiat Juarsa, M.Kes mengatakan, seminar bahaya rokok secara umum ditujukan guna meningkatkan pengetahuan masyarakat mengenai Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) terutama tentang bahaya merokok, serta diharapkan peserta menyampaikan kembali hasil seminar tentang bahaya rokok kepada masyarakat luas.
“Secara khusus peserta seminar diharapkan mengetahui tentang bahaya rokok, mengetahui dan mengerti tentang bahaya rokok dari sudut pandang agama, dan memahami perlunya Kawasan Tanpa Rokok untuk mencegah bahaya rokok,” kata Kodiat yang juga Kepala Bidang Sumberdaya Kesehatan Dinkes Pandeglang itu.
Sementara itu dalam pemaparannya Narasumber pertama spesialis paru dr. Tri Agus Yuarsa, S.Ik,Sp.P,M.Kes dari RSU Banten memaparkan Bahaya Rokok dan Solusinya Ditinjau dari Kesehatan. Sessi kedua disampaikan DR. Rohani Budi Prihatin, M.Si akan mengupas Pentingnya Kawasan Tanpa Rokok dalam menanggulangi Bahaya Rokok. Sedangkan disessi terakhir  disampaikan Ketua MUI Banten KH. Ahmad Wahid Sahari MA yang membedah Bahaya Rokok dan Solusinya ditinjau dari Agama Islam.
Setelah pemaparan dilakukan Tanya jawab yang dipandu oleh Moderator Kepala Seksi Promosi Kesehatan Dinkes Pandeglang Yudi Hermawan, SKM.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar