6 Sep 2014

Dinkes Survei Kandungan Garam Yodium 10 Pasar di Pandeglang



MASALAH Gangguan Kekurangan Yodium (GAKY) merupakan masalah yang serius mengingat dampaknya secara langsung atau tidak langsung mempengaruhi kelangsungan hidup dan kualitas sumber daya manusia yang mencakup 3 aspek, yaitu aspek perkembangan kecerdasan, aspek perkembangan sosial dan aspek perkembangan ekonomi.
“Yodium merupakan zat gizi mikro penting untuk pertumbuhan fisik dan perkembangan mental,” kata Kepala Bidang pelayanan Kesehatan Khusus (Yankesus) Dinkes Pandeglang Hj. Eniyati, di Kantornya, Selasa (2/9/2014).
“10 pasar yang dimonitoring meliputi Pasar Badak Pandeglang dan Cibaliung, Pasar Picung, Labuan dan Menes, Pasar Cadasari, Cimanuk dan Carita, serta Pasar Panimbang dan Munjul,” ungkapnya.
Dari hasil monitoring atau survai garam yodium ini, ungkap Eni, bertujuan untuk mengetahui seberapa besar kandungan yodium yang ada pada garam tersebut.
"Kami juga sekaligus melakukan sosialisasi serta pembinaan kepada para pedagang, supaya menjual garam beryodium," katanya.
Ditambahkan,  salah satu faktor penting yang menentukan konsumsi garam beryodium adalah ketersediaan garam beryodium di pasar dimana hal tersebut sangat tergantung dari distribusi dan kecukupan garam beryodium baik kualitas maupun kuantitasnya.

Keterangan foto : TIM Dinas Kesehatan Kabupaten Pandeglang dan instansi terkait melakukan survey Garam Beryodium di Pasar Badak, Pandeglang, Selasa (2/9).
https://ssl.gstatic.com/ui/v1/icons/mail/images/cleardot.gif

Tidak ada komentar:

Posting Komentar